Menyibak Misteri Kota Kuno Teotihuacan

piramide_sol_t.jpgSalah satu misteri besar dunia itu bernama Teotihuacan. Kota itu, Teotihuacan, keberadaannya hingga kini masih merupakan misteri. Tak ada yang tahu, kapan kota ini ada dan jatuh (tiada). Semua masih berupa teka-teki panjang. Tak ada orang atau catatan yang pasti, siapa pembangun kota ini, dan untuk apa Teotihuacan dibangun. Padahal, Teotihuacan merupakan kota sangat makmur, tapi entah kenapa tiba-tiba ditinggalkan penghuninya. Kenapa mereka meninggalkan Teotihuacan, si kota megah begitu saja? Karena bencana alamkah, peperangankah atau….
Nama Teotihuacan diambil dari bahasa Suku Aztec, Nahuatl, artinya Kota Kelahiran Para Dewa. Di balik nama itu, tertera makna , bahwa penciptaan dunia dimulai dari tempat ini. Mulai dibangun sekitar abad 500 SM,  terletak sekitar 30 km di utara Kota Meksiko, Amerika Tengah. Luas Teotihuacan 20 km persegi. Sejak awal kota ini telah diposisikan menjadi pusat kebudayaan dan keagamaan.
Tak seorang pun tahu siapa yang membangun Teotihuacan. Ada yang menyatakan kota ini dibangun Suku Toltec. Okelah kita terima itu. Namun tak ada bukti kuat yang mendukung pernyataan tersebut. Namun, ada satu hal yang diketahui, di kota ini tinggal beragam orang. Para penghuninya berasal dari berbagai suku seperti Zapotec, Mixtec dan Maya. Mereka hidup dengan bercocok tanam, berdagang, melakukan kegiatan industri sampai mengembangkan teknologi. Semakin lama, kota ini semakin makmur dan menjelma menjadi metropolitan. Pengaruhnya meluas hingga ke Guatemala dan Honduras.

mexico-teotihuacan-2-s.jpg

Peradaban Maju
Teotihuacan mempengaruhi peradaban di kawasan mesoamerika secara keseluruhan. Bangsa-bangsa yang hidup berdampingan dengan Teotihuacan mengadopsi hampir semua kebudayaannya. Mulai dari tradisi minum coklat, hingga hal yang bersifat ritual. Diketahui suku-suku seperti Mixtec, Toltec dan Aztec juga menyembah dewa Teotihuacan, Quetzalcoatl.
Kuatnya pengaruh Teotihuacan juga terlihat pada model arsitektur talud toblero pada bangunan suku-suku di wilayah mesoamerika. Gaya talud toblero merupakan ciri khas bangunan Teotihuacan. Kuatnya dominasi Teotihuacan ini juga tampak pada bahasa. Suku-suku di wilayah mesoamerika (Amerika Tengah), banyak menggunakan bahasa Teotihuacan. Mengingat besar dan luasnya pengaruh Teotihuacanmembuat kita bisa menarik kesimpulan, Teotihuacan merupakan kekuatan yang sangat adidaya, baik secara politik, militer maupun ilmu pengetahuan. Kalau dibandingkan dengan masa sekarang, mungkin mirip  negara super power Amerika Serikat ya.

Iklan
  1. #1 by jeanny on 31 Mei 2008 - 16:36

    sepertinya di setiap peradaban selalu ajah ada bangsa yang berusaha memonopoli. contohnya bangsa atlantis yang selalu ingin melebarkan kekuasaannya dengan perang, dalam kasus ini Teotihuacan. dan pada zaman sekarang adalah amerika serikat. dan pada akhirnya semua kayanya musnah begitu saja. amerika sendiri di ramalkan akan mengalami kehancuran paling parah. intinya alam memilih yang selaras dengan nya. yang menyimpang akan di hancurkan, hanya yang selaras yang akan survive.

  2. #2 by ipah on 7 Juni 2008 - 09:16

    berdasarkan wangsit yg saya terima, bahwa kota tersebut adalah merupakan buatan mahluak cerdas selain manusia, mereke menetap sementara dibumi ini, nmaun dengan alasan yg tidk jelas mahluk cerdas tersebut pergi meninggalkan kota itu menuju planet lain. berselang beberapa lama, suku aztec kemudian menemukan kota tersebut tanpa berpenghuni, dan akhirnya mereka menetap dan tinggal di kota tersebut. singkat cerita, budaya suku aztec yg selalu mengorbankan darah manusia sebagai persembahan untuk para dewa merupakan sebuah kemunduran budaya. kemudian para mahluk-mahluk cerdas yg membangun kota tersebut kembali lagi kekota itu, melihat kebudayaan suku aztec yg jauh menyimpang tersebut, para mahluk cerdas tadi marah dan membumi hanguskan kota itu hanya dalam waktu satu malam, (buktinya adalah bekas api yg membakar dinding bangunan), atas dasar itulah suku aztec pergi meninggalkan kota tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: