Puasa Tanpa Lemas

Ramadhan menjelang, seribu rencana pun dibentangkan. Apa rencana terbesarmu ramadhan kali ini? Tidur-tiduran? Aha, ide itu bagus juga, sebab tidurnya orang yang puasa juga menjadi amal baik. Tapi, ah, buat apa membuang sebulan waktu hanya dengan tidur-tiduran? Puasa tak mesti bikin lemas ‘kan? Yuk, kita pelajari trik supaya tetap bugar selama puasa.

  1. Sahur itu penting! Jangan sampai tidak sahur ya. Jangan begadang, supaya tak telat bangun. Saat sahur pun jangan asal makan. Usahakan sedapat mungkin memakan makanan yang memiliki kalori tinggi. Karbohidrat kompleks semacam nasi, gandum atau umbia-umbian sangat dianjurkan, sebab, energi dari karbohidrat semacam ini akan dilepaskan perlahan. Jadi, cadangan energimu bisa tetap terjaga hingga waktu berbuka. Tapi, jangan Cuma makan karbohidrat saja, ya, lengkapi juga dengan zat gizi lain seperti protein, vitamin, mineral, lemak dan air.Zat-zat gizi ini terdapat dalam telur, susu, kacang-kacangan, buah dan sayur. Pisang bisa jadi salah satu alternatif buah, sebab kalorinya tinggi. Usahakan waktu sahurnya dekat dengan imsak
  2. Silahkan berolahraga, tapi lakukan menjelang berbuka. Tujuannya agar energi yang keluar sewaktu berolahraga, bisa cepat kembali. Kan tidak lucu olahraganya dilakukan jam enam pagi. Jam tujuh pasti sudah haus. Tengah hari sudah tepar di tempat tidur.
  3. Puasa tak menghalangi rutinitas. Jadi berkaryalah seperti biasa. Orang yang tetap beramal baik saat puasa, tentu nilainya lebih tinggi dari yang Cuma tiduran saja. Aktivitas membantu kita untuk lupa mengkhayalkan lezatnya es cendol segar di siang hari. Tentu saja aktivitasnya jangan terlalu berlebihan. Seperti memilih naik tangga ke lantai sepuluh gedung kantor.
  4. Berbukalah dengan yang makanan yang manis dan mengandung karbohidrat sederhana. Nabi SAW mencontohkan, berbuka dengan tiga butir kurma. Bagi kita di sini, secangkir kecil teh manis, atau sepiring kecil (ingat, sepiring kecil, bukan semangkok BESAR!) kolak, oke juga. Makanan manis penting untuk meningkatkan kadar gula darah, sementara porsi kecil penting untuk membantu lambung bersiap untuk mencerna makan malam yang besar.
  5. Setelah shalat magrib, silahkan makan malam. Ingat, jangan asal santap. Harus kedepankan gizi seimbang.
  6. Minum air putih yang banyak. Usahakan, total air yang diminum dalam sehari tidak kurang dari delapan gelas. Selamat berpuasa.
Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: