Nikmatnya Coklat Membuat Tenang

Banyak yang nggak mau makan coklat karena terpengaruh mitos. Diantaranya, coklat dianggap bikin gemuk dan bikin batuk. Kenyataannya gemuk tidaknya seseorang tergantung pada seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. Sedangkanbatuk disebabkan oleh kuman, bukan coklat. Coklat justru dapat mengobati batuk. Karena memiliki kandungan senyawa theobromine yang dapat mencegah batuk.
Menurut Bryan Raudenbush dari Universitas Wheeling Jesuit di West Virginia, coklat banyak mengandung unsur-unsur yang menjadi simultan seperti theobromine, phenethylamine, dan kaffeine. Senyawa-senyawa ini dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan berkonsentrasi.  Dengan mengkonsumsi coklat, kita dapat memperoleh efek stimulasi tersebut yang membuat peningkatan performa mental
Pernyataan Raudenbush ini didasarkan pad apenelitian yang dilakukannya terhadap sejumlah relawan yang mengkonsumsi coklat dalam beberapa jenis, dalam empat kejadian terpisah.  Kelompok pertama mengkonsumsi 85 gram batangan coklat susu, 85 gram coklat hitam, 85 gram carob, dan kelompok keempat tidak mengkonsumsi apapun.
Setelah 15 menit berselang, para relawan tes neuropsikologis untuk melihat perfoma kognitif , termasuk daya ingat, daya konsentrasi, kemampuan bereaksi dan kemampuan memecahkan masalah.
“Nilai bagi daya ingat verbal maupun visual tertinggi bagi mereka yang masuk kelompok mengkonsumsi batangan coklat susu dibandingkan dengan ketiga kelompok lainnya,” begitu kata Raudenbush.

Membuat Tenang
Coklat juga dapat membuat tenang. Karena karbohidrat yang dibentuk oleh senyawa kimia dalam coklat menghasilkan serotonin, sehingga kita merasa santai. Selain itu kandungan antioksidan fenol juga mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker. Selain itu, coklat juga pelindung yang cukup baik dari stroke. Kandungan flavanol pada coklat juga  mencegah tekanan darah tinggi, dan dapat menghancurkan zat kimia berbahaya dalam tubuh yang menyebabkan penuaan dan berbagai penyakit serius.
Jadi, nggak perlu takut makan coklat, yang penting jangan berlebihan.
(sehat-bugar/jawaban/indoforum/e-samarinda/anakku/info-sehat)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: