Rhett Lamb, si Bocah yang Kuat ‘Begadang’ 3 Tahun

Pernah merasakan nggak tidur dua hari dua malam? Ih, pasti cape plus bete ya? Badan pegal-pegal, kepala pusing, en bawaannya pengen mararhett lambh aja. Begadang dua hari aja, akibatnya udah kayak gitu apalagi sampai berhari-hari, berminggu-minggu atau bertahun-tahun. Ah, mana ada yang sanggup begadang bertahun-tahun, mungkin begitu pikirmu. Emangnya Edward Cullen, vampir ganteng, kekasihnya Bella Swan dalam novel Twilight? Mr. Cullen sih emang tahan gak tidur selamanya, soalnya kan dia vampir, kebutuhan tubuhnya gak kayak manusia normal. Lagian…itu kan Cuma tokoh fiksi. But, jangan heran ya, ada lho manusia yang sanggup gak tidur bertahun-tahun. Suer. Rhett Lambs dari St. Petesburg orangnya. Anak umur empat tahun ini betah begadang selama tiga tahun sejak dia lahir ke muka bumi. Weleh…weleh…ajaib nian. Kok bisa gitu ya? Baca entri selengkapnya »

2 Komentar

Carilah la Galigo Sampai ke leiden

Kisah dalam naskah La Galigo memang hebat, namun sayang nasibnya begitu malang. Berabad-abad lamanya, epos luar biasa ini tercecer. Setiap episodenya terserak ke mana-mana. Setiap bangsawan bugis menyimpan beberapa penggal episodenya sediri. Sehingga untuk melacak keseluruhan episode, diperlukan kerja keras, serta waktu yang lama. Sungguh bukan pekerjaan mudah. Baca entri selengkapnya »

4 Komentar

La Galigo, Bukan Epos Biasa

repro majalah tempoLa Galigo. Nama itu mungkin masih asing bagi sebagian besar kita. Maklum, ‘makhluk’ satu ini lama tersembunyi di peti sejarah. Namun, bagi masyarakat Bugis, dan sebagian kecil peneliti dan pecinta sastra, nama ini sudah akrab di telinga. Ia merupakan salah satu warisan besar dunia yang belum terpublikasi secara luas. Baca entri selengkapnya »

13 Komentar

Jalan-Jalan ke Negeri Petir

peta_indonesia1.gifPetir juga ada negerinya. Di sini petir-petir menyambar sepanjang tahun. Mereka menyengat apa saja. Mulai dari pohon, bangunan tinggi, hingga orang. Mau tahu nama negerinya? Hmm, ternyata kita kenal baik dengan tempat itu. Bahkan tinggal di dalamnya. Yap, negeri petir itu bernama Indonesia.
Baca entri selengkapnya »

7 Komentar

Ctaaar! Dahsyatnya Petir

kilat1.jpgSiang itu, langit mendadak gelap berawan. Angin kencang bertiup, lalu perlahan gerimis datang, lalu hujan lebat. Angin menyambar-nyambar pepohonan. Desau suaranya menggetarkan hati. Pepohonan tinggi berayun-ayun seolah hendak rebah. Lalu, di tengah badai itu tiba-tiba saja ctaaar! Langit menembakkan kilat. Sebuah pohon kelapa mengeluarkan asap. Petir baru saja menyambar. Oh, seramnya. Baca entri selengkapnya »

3 Komentar