Orang Bermata Biru, Darimana Asalmu?

Pernah heran, darimana asal orang bermata biru? Ternyata orang-orang bermata biru, punya nenek moyang yang sama dengan kita, lho.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Department of Cellular and Molecular Medicine di Universitas Kopenhagen, perubahan warna mata menjadi biru, diakibatkan oleh mutasi genetis. Diperkirakan mutasi ini terjadi sekitar 6.000-10.000 tahun lalu. Sebelum masa itu, nggak ada manusia yang bermata biru.
“Sebenarnya, warna mata kita semua adalah coklat, “ kata Hans Eiberg, ilmuwan universitas tersebut. Lebih lanjut ia mengatakan, mutasi itu mempengaruhi gen yang disebut OCA2. Diketahui gen ini sangat penting dalam produksi melanin. Yakni, pigmen yang bertugas memberi warna pada rambut, mata dan kulit kita. Mutasi gen OCA2 membuat kemampuan melanin membuat warna coklat jadi hilang. Gantinya, warna biru yang muncul.
Trus, darimana sih asal mutasi ini?
Menurut Eiberg, berdasarkan pemeriksaan DNA dari mitokondria, diketahui materi genetik ini diturunkan lewat perempuan. Jadi, kayaknya penurunan materi ini secara matrilinial gitu. Nah, setelah beberapa generasi, segmen DNA ini mengalami perubahan. Beberapa diantaranya yang tak berubah disebut haplotypes. Jika kemudian sekelompok manusia yang mengalami perubahan genetik ini hidup bersama hingga beberapa generasi, maka bisa dipastikan perubahan genetik ini menetap.
Orang-orang yang memiliki mata biru alias punya haplotypes sama ini, bisa dilihat mulai dari Denmark hingga Jordania. Itu artinya mereka mengalami perubahan gen alias mutasi yang sama. Demikian diungkapkan Hawks, seorang ilmuwan, seperti yang dikutip dari Livescience.
“Pertanyaannya sekarang adalah, bila 10.000 tahun lalu nggak ada satu pun manusia bermata biru, maka bagaimana bisa 20 sampai 40 persen orang Eropa sekarang bermata biru?” tanya Hawks. Hmm, kayaknya perlu penelitian lebih lanjut nih ya.

Iklan
  1. #1 by isdiyanto on 29 Maret 2008 - 03:52

    lagi jalan-jalan nih…
    salam dari: http://simpanglima.wordpress.com/

  2. #2 by MB Von Dalhar on 15 Juni 2012 - 06:47

    Orang bermata biru memang banyak ditemukan di Eropa maupun Timur Tengah. Di Irak pernah ditemykan fosil seorang pria bermata biru di gunung bersalju. Di Palestina juga banyak cewek2 cantik bermata biru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: