Siapa Yang Menghuni Ubar?

Penduduk Kota Ubar adalah Kaum Ad. Mereka disebut juga sebagai ‘Ad Iram. Penamaan Iram di belakang Ad mengacu kepada asal muasal Kaum Ad. Mereka merupakan keturunan dari Iram, putra Shem yang tak lain adalah putra nabi Nuh a.s.

Dulu, pada suatu masa ada empat bangsa Arab yang hidup berdampingan di Yaman Selatan. Yakni, Hadram, Saba’, Mina dan Qataba. Khusus untuk kaum Hadram, di tulisan kita ini akan mendapat perhatian khusus.
Penulis Yunani, Pliny yang hidup pada abad ke-3 SM menyebut Hadram sebagai Adramitai. Nama ini kemungkinan besar berasal dari kata Ad-i Ram. Mengindikasikan, kaum ini mungkin saja bernenekmoyang pada Kaum ‘Ad.
Menurut Ptolomeus, ahli geografi Yunani, kaum ini diperkirakan hidup di sekitar Semenanjung Arabia. Daerah ini juga dikenal sebagai Hadhramaut. Konon kabarnya, Nabi Hud yang diutus pada kaum ‘Ad dimakamkan di tempat ini.
Indikasi lain yang memperkuat dugaan bahwa kaum di Hadhramaut merupakan penerus Kaum ‘Ad, adalah kekayaan yang dimiliki. Kaum ini disebut-sebut sangat kaya. Bahkan, menurut orang Yunani, Kaum Hadram merupakan kaum/suku terkaya di dunia.
Dari beberapa sumber sejarah disebutkan, bahwa Kaum Hadram sangat terampil dalam mengolah pertanian. Seribu tahun yang lampau, daerah yang kini gurun pasir, merupakan lahan pertanian yang sangat subur dan produktif. Bukti-bukti adanya pertanian dan pengairan yang maju dapat dilihat dari pencitraan satelit. Sesuai pencitraan terungkap adanya sistem irigasi berikut bendungannya. Bendungan ini diperkirakan menghidupi sekitar 200 ribu jiwa.
Apakah kaum Hadram ini merupakan pengikut Nabi Hud yang pergi menyelamatkan diri dari azab Tuhan? Wallahu A’lam Bishawab.
(republika)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: