Hiiyy, Ada Katak Setan!

Ternyata nenek moyang katak adalah katak setan. What? setan? masa siyyy. Maksudnya bukan setan beneran gitu, katak ini dinamai katak setan karena bongsor banget.  Kalo katak yang biasa kita lihat beratnya kurang sekilo, katak yang ini 4,5 kilogram. Panjangnya aja 40 cm. Nah, apa nggak gede banget tuh?
Katak ini ditemukan di Madagaskar oleh David Krause dari Universitas Stony Brock, New York, AS tahun 1993. Tapi, baru dipublikasikan senin (18/12) kemarin dalam makalahnya yang dimuat jurnal Proceedings of the National Acadmy of Sciences.  Katak yang bernama latin Beelzebufo ampinga (yang dalam bahasa Yunani berarti katak setan) diperkirakan katak terbesar yang pernah hidup di bumi. Selain terbesar mungkin yang teraneh ya. Karena bentuk tubuhnya seperti baju baja. Membuat katak ini seolah-olah punya perisai di tubuhnya. Uniknya, katak ini juga punya semacam tanduk di kepalanya. Selain itu mulut katak ini ngangap banget alias lebar (wah, oke banget tuh untuk makan kerupuk kuah hi…hi…).
Katak setan ini berkerabat dengan katak Amerika Selatan, Ceratophyrs atau katak Pac Man. Alasannya, karena kedua katak ini sama-sama punya mulut besar dan tanduk di kepala.
Kamu tertarik dengan katak ini en pingin menjadikannya hewan piaraan? Wah, kayaknya susah tuh. Karena katak ini udah jadi fosil. Si katak  diperkirakan hidup pada Periode Cretaceous antara 65-70 juta tahun lalu.Dengan kata lain, makhluk ini udah punah sekarang. Kita cuma bisa melototin fosilnya doang. (Yulisa Farma/kompas—source: pmails)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: