Wow! Mataku Kayak Mata Superman!

 livescienceBagi yang suka nonton film Superman, mungkin terkesan dengan kemampuan mata superhero yang satu ini. Ya, soalnya mata Superman bak sebuah kamera digital, bisa memperbesar atau memperpendek jarak penglihatannya. Pasti asyik banget ya kalo kita punya mata kayak gini, bisa melihat benda-benda jauh secara detail.
Nah, kayaknya memiliki mata digital bukan hal yang mustahil lagi lho. Beberapa waktu lalu, satu tim ilmuwan berhasil membuat lensa kontak digital yang memungkinkan kamu punya mata kayak Superman. Wah!
Lensa kontak digital ini baru prototip alias contoh. Dibuat oleh tim yang dikepalai oleh Harvey Ho seorang ahli dari Sandia National Laboratories di Livermore, Calif.
Untuk pertamakalinya, para ahli menginstal sebuah sirkuit elektronik pada kontak lensa biasa. Emang sih, contoh lensa yang mereka buat tidak langsung menampilkan informasi. Tapi, lensa ini merupakan embrio lensa kontak digital tersebut. Pada percobaan yang dilakukan pada seekor kelinci, menunjukkan tak ada masalah penglihatan yang dialami kelinci tersebut. Itu artinya kontak lensa digital ini aman dipakai dan tidak merusak penglihatan.
Penemuan spektakuler ini kdipresentasikan oleh Harvey Ho di Institute of Electrical and Electronics Engineers’ international conference di Micro Electro Mechanical Systems, Tucson.
“Melihat melalui lensa digital ini, kamu akan melihat hal yang luar biasa,” kata Babak Parviz, seorang insinyur listrik dari University of Washington yang ikut dalam proyek ini. “Ini merupakan langkah kecil, tapi saya pikir ini sangat menjanjikan.”
Diakui tim ahli, cukup susah juga bagi mereka untuk memindahkan sirkuit elektronik yang sangat kecil ke lensa kontak. Sirkuit itu sendiri dibuat dari lempengan kecil metal yang ukurannya cuma beberapa nanometer (sebagai perbandingan tebal rambut manusia sekitar 80.000 nanometer).
Bila lensa kontak ini berhasil dikembangkan, bukan tak mungkin teknik lensa digital ini dapat digunakan pada supir mobil atau pilot. Selain itu, para pecinta video game pasti akan sangat menyukai lensa  ini. Soalnya, dengan menggunakan lensa ini ketika bermain game, membuat mereka seolah-olah berada dalam game itu sendiri. Seperti sungguhan.(livescience/disitu)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: