Rumah Masa Depan Bernama Mars

Mars memiliki elemen-elemen dasar kehidupan. Karena itu muncul pemikiran, di masa datang manusia mungkin bisa hidup di sana. Syaratnya, berbagai kondisi Mars yang kurang menunjang bagi kehidupan manusia dirubah dulu.
Usaha untuk menjadikan Mars rumah masa depan manusia, dimulai sejak satu setengah dekade lalu. Tahun 1991, Majalah Life menyebutkan, upaya untuk membuat Mars nyaman seperti Bumi perlu waktu selama tak kurang 178 tahun.

Mulai dari survei dan uji coba manusia untuk tinggal di Mars, menaikkan suhu (saat ini suhu di Mars minus 60 °C), pemasangan reflektor Matahari untuk melelehkan es, memadatkan atmosfer, menanam tanaman yang sesuai, sampai memproduksi oksigen. Saat itu, tiga negara yakni, Perancis, Soviet (saat itu), dan AS berencana untuk membiayai proyek ini. Namun, seiring keruntuhan Soviet,  upaya itu tak terdengar lagi.
Kini NASA mencoba upaya baru. Saat ini mereka merencanakan untuk mendaratkan astronot di Mars. Pendaratan itu diperkirakan dilakukan sekitar tahun 2015. Para astronot ini nantinya akan meneliti soal atmosfer, geologi, dan cuaca di Mars. Tak hanya itu, para astronot juga diusahakan untuk menanam tanaman tertentu di tanah Mars. Untuk merintis penanaman itu, saat ini NASA tengah mengembangkan biosfer mini di dalam rumah kaca. Para ilmuwan berupaya meneliti dan mengembangkan tanaman apa saja yang bisa hidup di tanah Mars.
Selain itu, juga direncakanan untuk memanfaatkan terowongan dan kawah-kawah Mars sebagai lahan pemukiman manusia. Untuk itu, yang perlu dilakukan adalah menjadikan kawasan-kawasan tersebut biosfer (lingkungan hidup) mini. Di sini akan dibangun kubah-kubah dan gedung tiup yang nyaman. Saat ini struktur gedung tiup itu belum ditemukan. Yang pasti, strukturnya mestilah bisa bertahan di iklim Mars.
Well, semua itu kayaknya mimpi ya. Meski begitu, para ilmuwan berusaha mewujudkan mimpi itu jadi nyata. Senyata injakan kaki Neil Armstrong di bulan, yang tak pernah dibayangkan Galileo Galilei sebelumnya, saat melihat bulan lewat teleskopnya. (unisosdem/wanderingspace)

Iklan
  1. #1 by Lex Luthor on 19 Juli 2008 - 02:04

    test

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: