Manuskrip Misterius Voynich

voynichbigthumbnail.jpgDari semua naskah yang pernah ditulis manusia, Manuskrip Voynich termasuk yang paling misterius. Saking misteriusnya, sampai digelari “Manuskrip Paling Misterius di Dunia.”

Penemu manuskrip ini adalah Wilfrid M. Voynich. Seorang kolektor buku antik. Ia menemukan manuskrip ini tahun 1912. Berada di antara koleksi manuskrip-manuskrip kuno yang tersimpan di villa Mondragone, Frascati, tak jauh dari Roma.

Tak seorangpun tahu keaslian manuskrip ini. Para ahli percaya buku ini berasal dari Eropa. Diperkirakan ditulis antara abad 15 dan 17. Manuskrip ini kecil, berukuran antara 7 sampai 10 inci dengan 235 halaman.

Buku ini ditulis tangan. Berisi beberapa ilustrasi astrologi, tubuh perempuan dan lain-lain. Penggambaran perempuan mungkin dimaksudkan sebagai representasi dari penciptaan dan kelahiran kesadaran.

Ilustras-ilustrasi ini sangat aneh, tapi teks ilustrasinya lebih aneh lagi. Huruf-huruf manuskrip ini ditulis dengan huruf-huruf misterius, yang sama sekali tak dikenal. Tak satupun dari huruf-hurufnya yang memiliki kesamaan dengan sistem huruf Inggris maupun huruf-huruf lainnya.

Buku misterius ini telah banyak dipelajari para ahli. Mereka berusaha memecahkan rahasia buku ini. Sayang, mereka gagal. Memang ada beberapa orang yang mengklain berhasil menerjemahkan sebagian manuskrip ini. Namun, tak pernah ada orang yang berhasil menerjemahkan naskah ini secara utuh.

Buku ini kemudian dibeli H. P. Kraus tahun 1961 dengan harga $24,500. Buku itu kemudian ia tawarkan seharga $160,000, tapi tak ada orang yang mau membelinya. Akhirnya ia menyumbangkan buku itu ke Universitas Yale tahun 1969.

Buku Mahal

Menurut ceritanya, buku ini muncul pertama kali pada masa Rudolph II of Bohemia. Dia dikenal sebagai penguasa monarki Eropa eksentrik. Rudolph dikelilingi para astrolog. Dia sangat tergila-gila pada permainan, kode dan musik. Dia juga dikenal sebagai patron para alkimia, dan mendukung penerbitan literatur-literatur alkimia.

Suatu hari, seorang tak dikenal datang menemuinya. Menawarkan manuskrip misterius seharga 300 keping emas, atau 14.000 US$ di masa sekarang. Ini merupakan jumlah yang sangat besar untuk sebuah manuskrip pada masa itu. Menandakan betapa tingginya antusiasme Rudolph terhadap manuskrip tersebut.

Ada Apa di Dalam Manuskrip Voynich?

Kalau dilihat-lihat, manuskrip ini terbagi atas 6 bab. Kecuali bagian terakhir yang hanya berisi tulisan, hampir setiap halaman berisi satu ilustrasi. Adapun keenam bab itu adalah,

– Bab tumbuh-tumbuhan. Berisi ilustrasi berbagai tanaman.

– Bab astronomi, berisi diagram-diagram. Ada juga gambar matahari, bulan dan bintang. Ada juga gambar-gambar 12 zodiak. Masing-masing simbol zodiak dikelilingi 30 gambar perempuan. Dua halaman terakhir bab ini (untuk zodiak Aquarius dan Capricornus) hilang.

– Bab biologi. Berisi gambar organ tubuh

– Bab kosmologi, berisi diagram-diagram, dengan gambar yang sukar dimengerti.

– Bab farmasi. Berisi gambar bagian tanaman seperti akar, daun, dll.

– Bab resep-resep. Berisi beberapa paragraf pendek

Teks pada manuskrip ini ditulis dari kiri ke kanan. Meskipun huruf-huruf di manuskrip ini aneh, tapi karakteristiknya mirip dengan huruf-huruf Eropa

Sejak tahun 2005, manuskrip ini berada di Beinecke Rare Book Library, Universitas Yale.

Iklan
  1. #1 by sonydarmawan on 2 Maret 2008 - 09:08

    jangan-jangan bukan manusia yang bikinnya, kok bisa nggak terbaca gitu?

  2. #2 by rumpies on 27 Agustus 2008 - 05:02

    kali aja itu bahasanya alien

  3. #3 by darussalam on 12 November 2009 - 04:56

    mungkin menurut saya itu adalah bahasa simbol Bangsa Maya, dan hanya orang2 tertntu yg mngetahui Pasti arti dari simbol2 itu….
    saya yakin, suatu saat nanti akan ada orang yg bisa memecahkan arti simbol itu..
    tapi belum tau pasti kapan itu terjadi.

  4. #4 by dd on 29 Januari 2010 - 05:06

    diuload dong ilustrasinya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: