Fenomena Pareidollia Mars

Banyak yang meyakini adanya kehidupan di Planet Mars. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya elemen dasar pendukung kehidupan di sana, yakni oksigen, air dan karbon. Beberapa foto yang diambil wahana penjelajah luar angkasa, juga turut memperkuat keyakinan itu. Berikut ini adalah tiga hal yang sempat menghebohkan dunia soal keberadaan makhluk di Mars.

1. Saluran di Mars.
dari livescienceDi sepertiga akhir abad 19, astronom Italia Giovanni Virginio Schiaparelli, melalui pengamatan dengan teleskop Merz 8,6 inci, melaporkan adanya saluran di permukaan Mars. Kebanyakan orang memahami saluran ini sebagai kanal-kanal air yang dibuat oleh sejenis makhluk cerdas. Kenyataannya, melalui pengamatan di observatorium di Flagstaff, Arizona diketahui saluran itu terbentu secara alami.
Saluran itu terlihat seperti kanal-kanal buatan karena masih rendahnya teknologi optik pada masa itu. Sumber kesalahan lain adalah ilusi optik yang muncul akibat cahaya matahari.

2. Wajah di Mars
ghjf.jpgPada 25 Juli 1976 wahana pengorbit Viking 1, buatan NASA, mengambil gambar di daerah Cydonia, Mars. Gambar itu terlihat seperti sebuah wajah manusia raksasa yang tengah menatap langit.
face2_marsexpress.jpg

(gambar daerah Cydonia/wajah Mars dari samping)

Foto itu memancing kontroversi berkepanjangan. Banyak yang meyakini, fragmen itu adalah sebuah patung yang dibuat sejenis makhluk cerdas di Mars. Namun, kontroversi itu kemudian berakhir, ketika wahana Mars Express, memotret daerah tersebut. Melalui kamera beresolusi tinggi, diketahui fragmen itu tak lebih bentukan alam.
Citra wajah manusia yang sebelumnya difoto oleh Viking, sebenarnya terbentuk akibat perpaduan sinar Matahari yang datang dari arah tertentu dan dengan ketinggian tertentu. Hal tersebut menghasilkan bayangan benda yang memunculkan kesan menyerupai mulut, hidung dan mata manusia.

3. Sosok Alien di Mars
132740p.jpgBeberapa waktu lalu kalangan astronomi dihebohkan dengan foto yang diambil wahana penjelajah Spirit di permukaan planet Mars. Pada gambar terlihat sosok mirip manusia yang duduk di atas batu. Tak pelak lagi, foto ini disebut-sebut sebagai bukti keberadaan makhluk di Mars. Namun, seperti yang sudah-sudah, hal ini pun terbantah. Menurut Dr. Phil Plait, astronom di NASA Education Resource Director, hal itu tidak benar. Bayangan sosok mirip manusia di foto itu merupakan fenomena pareidolia. Fenomena ini, menurut ilmu psikologi berarti kecendrungan seseorang untuk membandingkan sosok-sosok aneh dengan objek yang pernah dilihat. Mirip ketika kita melihat gambar hewan atau rumah di awan. (livescience/pikiran rakyat/kompas/alien zoo)

Iklan
  1. #1 by GENDERUWO on 30 Januari 2009 - 04:50

    mungkin itu adala bayanga arwa penghuni mars yang masih gentayangan

    • #2 by yenny on 4 Juni 2009 - 08:53

      Ihh… gila ja ya…
      arwah nya muncul siang2 gtu???

  2. #3 by yenny on 4 Juni 2009 - 08:51

    kAlOk EmAnG Tu bEnEr AlIeN,, KeNaPa wAkTu mOtO gA mW d PeRdEkAt LagI mOtO nYa.. KaN JadI BinGuNg….
    KiTa Ga TaU tU bEnEr aLiEn Pa Ga!!!

    • #4 by yenny on 7 Juni 2010 - 11:14

      tulisanlo @l4Y amat sih!!!

  3. #5 by isabell nasution on 14 November 2009 - 17:33

    NASA kebanyakan bohong alien ufo itu memang nyata tp masih aja disangkal

  4. #6 by guntur agung wibowo on 7 Januari 2010 - 01:59

    masih perlu bukti valid…

  5. #7 by dojob on 15 Maret 2011 - 09:37

    korang layan ke

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: