Ulah Nyamuk Kita Sakit

 beritajakarta.comDi musim hujan, kuantitas kehadiran nyamuk meningkat. Hal ini disebabkan banyaknya genangan air di mana-mana. Untuk itu kita mesti mewaspadai kehadiran tamu-tamu nakal ini. Sebab, mereka merupakan perantara dari beberapa penyakit berbahaya berikut:

1. Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan nyamuk Aedes Aegypti betina. Nyamuk ini hidup dan berkembang biak di tempat-tempat penampungan air bersih yang tidak berhubungan langsung ke tanah seperti bak mandi/wc, minuman burung, air tempayan/gentong, kaleng dan ban bekas, dll. Perkembangan hidup nyamuk ini dari telur hingga dewasa memerlukan waktu sekitar 10-12 hari. Kemampuan terbang berkisar antara 40-100 meter dari tempat berkembang biaknya. Tempat istirahat favorit adalah benda-benda tergantung di dalam rumah  seperti gorden, kelambu, baju/pakaian di kamar yang gelap dan lembab.
2. Nyamuk Aedes Aegypti bukan hanya menyebabkan DBD tapi juga penyakit Chikungunya. Penyakit ini berasal dari daratan Afrika, menyeberang ke Indonesia dan mulai menjangkiti manusia Indonesia tahun 1973 di Samarinda. Dari Samarinda penyakit ini menyebar ke berbagai penjuru Indonesia. Penyebab penyakit ini adalah virus Alphavirus. Ketika virus penyakit berkembang biak di dalam darah, terasa nyeri pada tulang terutama seputar persendian. Gejala ini diikuti demam tinggi. Konon, penyakit ini sulit menyerang penderita yang sama, karena tubuh penderita akan langsung membentuk antibodi begitu pertama kali terserang Chikungunya.
3. Malaria disebabkan nyamuk anopheles betina.  Menurut catatan WHO sekitar 300-500 juta jiwa meninggal akibat malaria setiap tahunnya. Seseorang dapat terjangkit malaria karena terinfeksi oleh plasmodium yang masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan gigitan nyamuk Anopheles betina. Beberapa penelitian menunjukkan ada suatu sel dalam antene nyamuk Anopheles betina yang secara spesifik dapat mengenali salah satu komponen keringat manusia, 4-methyl phenol. Konon, keringat manusia merupakan kairomon (penunjuk atau penarik) bagi nyamuk.
4. Filariasis (kaki gajah). Penyakit ini disebabkan cacing filarial yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun, dan bila tidak ditangani secara baik akan menimbulkan cacat tubuh berupa pembesaran kaki, baik bagi perempuan maupun laki-laki.
5. Ensefalitis. Penyakit ensefalitis disebabkan virus Japanese encephalitis. Penyakit ini ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Culex sp., Anopheles sp. dan lain-lain. Virus yang banyak bermukim di tubuh babi ini menyebabkan peradangan otak. (digilib.litbang/infeksi/dinkesjatim/padang/babaflash)

Iklan
  1. #1 by Om_ponx on 5 Maret 2009 - 03:41

    berikan informasi tentang berbahayanya Demam Berdarah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: