Tumbuh Sebagai Pengusir

 sl.biotropAda beberapa cara untuk mengusir nyamuk, yakni cara alami dan non alami. Yang alami, menggunakan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kita. Yang tidak alami menggunakan obat nyamuk produksi pabrik yang umumnya mengandung pestisida, zat berbahaya bagi tubuh manusia.

Nah, mumpung sekarang lagi gencar-gencarnya kampanye penghijauan lingkungan, mengapa tidak mencoba yang alami saja. Kita tinggal tanam di pekarangan rumah kita. Murah meriah, aman dan bikin hijau. Berikut beberapa tanaman yang ampuh mengusir nyamuk.
1. Lavender
Bunga lavender memiliki aroma yang sangat harum. Cukup gosokkan bunga berwarna ungu ini ke tubuh, dijamin nyamuk nggak bakal berani nempel.
2. Akar Wangi
Nyamuk demam berdarah konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi yang mengeluarkan bau ngengat
3. Zodia. Tanaman ini mengandung evodiamine dan rutaecarpine yang tak disukai serangga karena menghasilkan aroma yang tajam. Jika tertiup angin aroma itu mudah sekali tersebar ke seluruh ruangan. Ada baiknya kamu menanam zodia dalam pot dan meletakkannya di salah satu sudut ruangan.
3. Geranium. Tanaman jenis perdu ini memiliki aroma yang cukup harum namun tidak disukai serangga. Pasalnya tanaman yang memiliki kandungan zat geraniol dan sitronelol ini bersifat antiseptik. Selain berkhasiat mengusir nyamuk, tanaman ini bisa menjadi penghijau ruangan.
4. Serai. Serai mengandung geraniol, metilheptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan sitronelal. Zat sitronelal ini memiliki sifat racun kontak pada nyamuk. Sebagai racun kontak, ia dapat menyebabkan kematian akibat kehilangan cairan secara terus-menerus sehingga tubuh nyamuk kekurangan cairan.
Secara sederhana kita dapat membuat ekstrak serai wangi. Caranya, sediakan 1 kg daun dan batang serai wangi, lalu cuci dan tiriskan sampai kering. Masukkan dalam blender, lalu haluskan. Masukkan hasil blenderan ke dalam 250 ml air, lantas rendam selama semalam. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam botol, lalu encerkan dengan aquades.
Untuk menggunakannya, tuangkan ekstrak serai wangi ke dalam alat penyemprot, lalu semprotkan ke tempat dimana nyamuk-nyamuk bersembunyi.
6. Daun Sirih. Mengandung senyawa kimia yang bisa membunuh jentik dan nyamuk dewasa, terutama nyamuk Aedes aegypti. Cara kerjanya mirip dengan bubuk abate. Untuk membuat ekstraknya, cucilah 1/2 kg daun sirih sampai bersih, kemudian ditiriskan  hingga kering. Daun yang sudah kering digiling atau diblender hingga berbentuk serbuk. Selanjutnya akan diperoleh 43 gram serbuk daun sirih. Kemudian, masukkan serbuk ke dalam wadah dan tambahkan alkohol 95% sebanyak dua liter sehingga serbuk tersebut terendam. Aduk dan diamkan selama 24 jam. Setelah itu saringlah dan panaskan selama kurang lebih satu jam. Baru setelah itu diamkan selama satu minggu. Masukkan ekstrak yang telah jadi itu ke dalam wadah atau botol dan siap untuk digunakan. Dalam penggunaannya sama halnya dengan bubuk abate, yaitu dengan menaburkannya di genangan air. Cukup dengan konsentrasi rendah, jentik akan terbunuh. (nova/nakita)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: