Tak Luluh dihantam Badai

Negara-negara berikut, merupakan negara yang paling sering dicederai badai.  Meski ada di antara negara-negara ini yang terkapar dihajar badai, namun mereka berhasil bangkit berkat kebersamaan dunia.

1. Cina
Negara Panda ini merupakan lintasan beberapa badai, di antaranya Badai Nina, Bilis, Rananim, Chanchu, dan Saomai. Badai Nina yang terjadi tahun 1975 menewaskan hampir 30.000 orang. Menghancurkan 62 waduk, menyebabkan bencana kekeringan dan kelaparan yang dahsyat. Sementara itu Badai Bilis yang terjadi tahun 2006  menyebabkan 170 orang tewas dan 100 lainnya hilang. Badai ini juga berdampak ke Korea Selatan, yang menyebabkan 41 warganya tewas. Badai ini juga mengakibatkan puluhan ribu rumah hancur, hampir 150 ribu hektar lahan pertanian rusak dan setengah juta warga terpaksa dievakuasi. Sementara Badai Rananim yang terjadi Agustus 2005 menyebabkan 115 orang tewas dan 1.800 Cedera.

2. Amerika Serikat
Agustus 2005, menjelang peringatan Tragedi WTC 11 September, Amerika Serikat dikejutkan amukan Badai Katrina. Badai itu bergerak dari Teluk Meksiko menuju New Orleans. Menewaskan puluhan ribu jiwa dan mengakibatkan kerugian materiil mencapai 130 miliar dolar. Badai itu menambah panjang rentetan badai-badai besar yang melanda Amerika seperti Badai Frances tahun 2004 yang membuat 2,5 juta penduduk Florida dievakuasi. Badai Isabel yang menewaskan 23 orang dan menyebabkan banjir setinggi satu meter. Badai Andrew tahun 1992 yang menyebabkan puluhan orang tewas. Lalu Badai Camille yang menewaskan 250 orang di Mississippi tahun 1969.

3. Bangladesh
Bangladesh berkali-kali dihajar badai besar yang menewaskan ribuan jiwa. Badai Bhola tahun 1970 menewaskan hampir setengah juta orang. Kemudian tahun 1992, badai kembali datang, merenggut hampir seratus lima puluh ribu jiwa. Pertengahan November ini badai mengamuk lagi dengan perkiraan korban mencapai 10 ribu jiwa. Bangladesh termasuk negara paling miskin di dunia. Bencana yang datang bertubi-tubi membuat perekonomian negeri ini terpuruk. Saat ini, sudah banyak negara yang mengulurkan bantuan pada Bangladesh. (Kompas/Metrotvnews)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: