Kenalkan, Dia Dino

smalldino.jpgBelakangan ini, banyak kita dengar penemuan berbagai fosil dinosaurus. Fosil-fosil baru itu banyak yang bikin heran. Soalnya, jenisnya beda banget dengan dino-dino yang sudah ditemukan sebelumnya. Contohnya aja fosil nigersaurus yang hasil penelitiannya baru dipublikasikan beberapa minggu lalu. Dino ini punya mulut kayak vacuum cleaner. Semua giginya tumbuh ke depan. Jadi, kalau si niger makan, dia mesti menghisap semua makanannya, dimasukin ke lambung, trus dibalikin lagi ke mulut, baru dikunyah-kunyah. Karena nggak ada geraham, si niger ngunyah dengan gigi depan. (wah, monyong-monyong dong kalo ngunyah, he…he..)

Dino Stres
Menurut ilmuwan, para dino ini hidup 225 juta tahun lalu. Kemudian lenyap secara misterius 65 juta tahun lalu. Banyak yang penasaran soal lenyapnya dinosaurus ini. Kok bisa ya, hewan segede dinosaurus hilang tak tentu rimba?
Ada beberapa teori yang dikemukakan. Yang paling beken teori kawah Chicxulub. Menurut Bapak Walter Alvarez, ahli geologi di University of California-Berkeley, dulu ada asteroid menghantam bumi. Lokasi hantaman itu di pesisir Yucatan, Meksiko. Hantaman itu menimbulkan kawah yang dinamai Chicxulub. Teori ini didukung Bapak David Nesvorny dari Southwest Research Institute di Bouklder, Colorado, Amerika Serikat. Katanya, ia dan timnya berhasil mengidentifikasi asteroid pembunuh dinosaurus ini. Asteroid itu merupakan pecahan dari asteroid induk berukuran 170 kilometer. Berasal dari keluarga asteroid Baptistina.
Teori ini ternyata ditentang Profesor Gerta Keller dari Universitas Princeton. Menurut tulisannya yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Sciences, ada rentang waktu 300.000 tahun, antara terbentuknya kawah Chicxulub dengan punahnya dinosaurus. Kesimpulan itu diambil setelah ia dan timnya meneliti rangkaian lapisan batuan yang dibor dari Chicxulub. Kawah selebar 180 kilometer yang kini terkubur lapisan sedimen sedalam 1kilometer. Dari penelitian terhadap umur lapisan batuan, diketahui kawah ini terbentuk ratusan ribu tahun sebelum dinosaurus hilang dari permukaan bumi.
Menurut Profesor Keller, penyebab kepunahan dinosaurus adalah iklim dingin yang diikuti pemanasan global. Saat itu, gunung berapi di wilayah Decca, India meletus dahsyat. Gunung itu mengeluarkan berton-ton karbondioksida. Karbondioksida ini menutupi atmosfer, menghalangi panas keluar dari bumi. Akibatnya panas terperangkap di permukaan bumi. Membuat para dinosaurus stres. Kondisi ini makin parah ketika sebuah asteroid datang menghantam Samudra Hindia. Tumbukan inilah yang memicu hilangnya populasi dinosaurus.
Si Bongsor
Setelah jutaan tahun lenyap, dinosaurus muncul lagi. Kali ini dalam bentuk fosil. Ternyata, setelah diteliti, nggak semua dino bertubuh gede. Dino bernama komsognatus malah cuma segede ayam. Ih, kalo masih hidup di zaman sekarang, kayaknya bisa dipelihara ya. Dino bongsor yang ditemukan bernama apatosaurus. Beratnya 50 ton (busyeet, gimana nimbangnya tuh). Yang unik, ternyata ukuran para dino ini terbagi dua. Pada masa sebelum 65 juta tahun lalu, para dino ini rata-rata bertubuh gede. Selain si bongsor apatosaurus, juga ada T-Rex yang berukuran 30 ton dan stegosaurus yang 20 ton. Lalu secara misterius, dino bongsor ini berganti menjadi dino berukuran kecil. Aneh banget. Penyebab pergantian ini belum diketahui.

Mumi Dino
Tiga Desember lalu, para ilmuwan Inggris mengumumkan telah menemukan mumi dino. Mumi itu dinamai Dakota. Berukuran 12 meter dengan berat 3,5 ton. Diperkirakan telah berusia 67 juta tahun. Fosil dino ini nyaris utuh. Ditemukan lengkap dengan kulitnya. Penemuan ini membawa babak baru penelitian tentang para dino. Diharapkan, dengan mempelajari Dakota, bisa diketahui lebih banyak lagi tentang dino. Bukan hanya soal jenis, berat, dan usianya saja, tapi juga soal yang lain. Mungkin soal warna kulit dino, atau kesukaannya (kali aja si dino kayak kerbau, suka berkubang).  Kita tunggu saja kabar terbarunya. (dino.leoniko/nationalgeographic/livescience/ tempo/kompas)

Iklan
  1. #1 by syarifah on 11 Juli 2008 - 06:56

    hey ada yg tw hewan pestastukas

  2. #2 by bgplatoon59 on 28 Maret 2009 - 02:17

    gua juga pernah denger ada sebuah legenda seekor hewan raksasa yang dikenal dengan nama “LAMTAKUL”

  3. #3 by isabell nasution on 14 November 2009 - 17:30

    kan ada teori dino masih hidup salah satunya loch ness ada yg blg ada tp ada yg bilang juga itu cuma khayalan aja
    yucatan itu kan klo ga salah tempat suku maya kan

    • #4 by aldhy on 6 Desember 2009 - 05:11

      Oye????????????

  4. #5 by aldhy on 6 Desember 2009 - 05:09

    kalo menurutku……..aku suka bgt tentang dinosaurus tapi ada apa tentang nessi yg disebut dinosaurus legendaris!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: