Ayo Sehat Dengan Tertawa

dogwoodtrailsSudahkah kamu tertawa hari ini? Jika belum, tertawalah. Sebab, banyak tertawa bikin tubuh sehat dan panjang umur. Lho,kok bisa. Ya, bisa dong, soalnya, saat kita tertawa satu batalyon hormon endorphin, akan keluar. Hormon ini bikin ototmu rileks, sistem imun meningkat dan kadar oksigen dalam darah naik. Pantas aja Jonathan Swift, seorang pakar kesehatan ngomong, salah satu dokter terbaik di dunia adalah Dokter Gembira.  

Endorphin si Bahagia
Sudah banyak orang meneliti hubungan tertawa dengan kesehatan. Dr. Lee Berk, imunolog dari Loma Linda University, California, Amerika Serikat, merupakan salah satunya. Menurut dia, selain melepaskan hormon endorphin, tertawa juga bisa mengurangi peredaran dua hormon penghalang proses penyembuhan. Yakni efinefrin dan kortisol.
Seorang peneliti lain, Dr. Rosemary Cogan dari Texas Tech University juga menemukan, rasa nyeri akan berkurang setelah tertawa. Kesimpulan ini ia dapat setelah melakukan percobaan terhadap dua kelompok mahasiswa. Kelompok pertama mendengarkan kaset lawak.  Sedang kelompok kedua mendengarkan kaset kuliah matematika.  Setelah itu mereka melakukan uji kepekaan terhadap rasa sakit. Ternyata, kelompok kedua mampu memperlihatkan peningkatan kemampuan menahan rasa sakit.
Bagaimana hal ini bisa terjadi? Menurut Dr. William Frey, pakar biokimia dan direktur Dry Eyes and Tears Research Center, Mineapolis, Amerika Serikat, tertawa akan merangsang otak memproduksi sebuah hormon. Hormon ini memicu pelepasan endorfin (zat pembunuh rasa sakit). Pendapat ini sejalan dengan hasil penelitian Dr. Lee Berk. Beliau meneliti kondisi orang-orang yang habis nonton film komedi selama 60 menit. Ternyata, terjadi penurunan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin secara nyata. Penurunan hormon ini sangat penting. Sebab, hormon tersebut bisa melumpuhkan sistem imun. Melemahkan kemampuan tubuh memerangi penyakit.
Kehebatan tertawa tak hanya itu. Peneliti menemukan tertawa bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena bisa meningkatkan jumlah sel T yang bertugas mengatasi infeksi.

Banjir Delyoson
Uniknya, kemampuan tubuh untuk rileks ini tak cuma datang sehabis ketawa saja. Ada satu zat dalam hormon endorphin yang bisa mempengaruhi kebugaran emosi kita sepanjang hari. Namanya delyoson. Ternyata, jika kita ketawa 15 menit dalam sehari, delyoson akan membanjiri tubuh selama 12 jam. Hal ini membuat sakit kepala enggan menghampiri. Tekanan darahpun turun sebanyak 10-20 poin. Hmm, itu artinya orang yang darah tinggi harus sering-sering ketawa tuh.
Lalu bagaimana dengan orang yang sering cemberut en jarang ketawa? Wah, itu artinya orang itu banyak melepaskan hormon adrenalin di tubuhnya. Hormon ini merusak daya tahan dan kinerja organ tubuh. Membuat tubuh rentan penyakit. Selain itu, juga bikin nggak kreatif. Richard Belson, pakar terapi humor pernah membuktikannya dalam sebuah percobaan terhadap 20 karyawan. 10 karyawan hidup dengan sikap humor. Sedang sepuluh lagi sebaliknya. Hasilnya, 10 karyawan pertama bekerja lebih kreatif dan jarang sakit. Sedang yang sepuluh lagi sering absen karena sakit. Percobaan ini sekaligus menunjukkan pada kita, hidup dengan sikap humor itu lebih enak. Perasaan lebih rileks, belajar dan bekerja pun lebih enjoy.
Hmm, ternyata persoalan tertawa bukan perkara sepele ya. So, mulai sekarang kita belajar tertawa dan hidup lebih rileks yuk! (jawaban /cyberwoman/bukubagus/mangucup/indospiritual/anakku/gkjtp/sinarha rapan/pjnhk/tiens-stokis)

Iklan
  1. #1 by waldy on 29 Agustus 2008 - 05:17

    ketawa ah biar ikut sehat……….hahahahhahahah…..!!!!!!

    http://tertawa-yuk.blogspot.com

  2. #2 by Sahih on 15 November 2008 - 01:47

    Setuju sekali! Saya sendiri mengalami suatu sensasi setelah tertawa dalam durasi(+-20-30 menit). Saya seorang ayah(43) dari dua puteri yang pada dasarnya senang akan hal-hal yang dapat memicu tawa sejak masih muda.Dan terakhir lewat wadah di sebuah teater saya mendapat pengalaman menyenangkan setelah turut berlatih olah nafas,tubuh dan terakhir ada penerapan saling menghadap dan membuat ekspresi masing-masing. karena saya agak sensitif,imajinasi lantas menjelajah ke hal-hal yang membuat urat tawa ini beraksi.Sangat jelas dampak setelah itu pikiran menjadi ‘plong’,badan segar dan segalanya seolah-olah turut gembira bersama kita.Therapy tawa,benar adanya!

  3. #3 by nancy on 9 Mei 2009 - 03:13

    tolong infokan, di mana ada club tertawa di daerah jakarta timur / selatan..

    terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: