Badai-badai yang melanda dunia memiliki nama-nama indah. Seperti Katrina, Isadora, Camille, Andrew dan Felix. Namun, dibalik keindahan nama itu, tersimpan kekuatan mahadahsyat.
Dalam lima tahun terakhir, dunia dihenyakkan oleh amukan badai-badai bernama indah itu. Mereka mengamuk dari Teluk Meksiko hingga Bangladesh. Badai-badai itu muncul makin kerap dan ganas. Begitu mudahnya sebuah badai naik level menjadi kategori 4 (ganas), meskipun beberapa jam sebelumnya badai tersebut masih kategori satu atau dua. Hal ini bisa kita lihat pada Badai Sidr yang melanda Bangladesh, yang dalam hitungan jam bertambah kecepatannya menjadi 240 km/jam. Tak hanya itu, badai-badai dahsyat itu muncul sepanjang tahun. Sebagai contoh, dari Samudera Atlantik, hanya dalam kurun Mei-September, 2007 terjadi enam badai besar. Yakni, Badai Andrea, Barry, Chantal, Erin, Dean, Felix dan Gabrielle. Apa sesungguhnya yang tengah terjadi dengan bumi kita?
Kerry Emanuel, ahli meteorologi dan spesialis badai dari Massachusetts Institute of Technology (MIT)menyebutkan adanya hubungan antara pemanasan global dan intensitas badai. Dua minggu sebelum Badai Katrina menghantam New Orleans, ia menulis di Jurnal Nature bahwa ia telah menemukan bukti statistik yang menunjukkan adanya hubungan itu. Jumlah badai meningkat, dari 11 per tahun di tahun 1970an menjadi 18 per tahun di tahun 1990-an. Sementara itu, suhu permukaan laut secara global meningkat antara 0,5 sampai 1 derajat Fahrenheit selama musim badai sejak 1970.
Kondisi ini akan berlanjut makin parah, jika manusia tidak merubah kebiasaan buruknya. Seperti boros energi yang mengakibatkan pemborosan bahan bakar fosil (minyak dan batu bara), serta pembakaran hutan. Bukan tak mungkin, di masa depan akan muncul badai-badai baru dengan nama yang lebih indah, namun dengan kekuatan yang lebih menakutkan. (geografiana/kompas)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: