1001 Dino

Tahu nggak, banyak banget pertanyaan unik seputar dinosaurus. Pertanyaan-pertanyaan itu ada yang serius, ada yang sekadar iseng doang. Mau tahu apa aja?

Gimana sih cara nentuin umur dinosaurus?
Caranya, dengan menghitung lingkaran cincin yang terdapat pada tulang dinosaurus. Semakin banyak cincinnya, berarti semakin tua dinosaurusnya. Dengan cara itu, umur Sue, T-Rex yang dipajang di Museum Chicago, dapat diketahui. Umurnya ketika meninggal 28 tahun.

Berapa sih ukuran dinosaurus terkecil?
Lima belas inci, dengan berat 6 on. Predikat itu diraih Parvicursor.

Kalo ada yang kecil, berarti ada yang paling gede dong
Ada. Namanya ultrasaurus. Panjangnya 30 meter lebih, tingginya 18 meter dan beratnya 136 ton. Dino super bongsor ini ditemukan di Colorado, A.S tahun 1979.

Bagaimana caranya para ahli nentuin nama dinosaurus?
Sama aja kayak papa ngasi nama kita. Bedanya, para papa dinosaurus ini (para ilmuwan maksudnya) mencari nama si dino dari bahasa yunani atau latin. Kata-kata itu biasanya menggambarkan keadaan fisik si dino. Namun, ada juga dinosaurus yang diberi nama sesuai nama penemunya.Seperti Sauropodus gede yang diberi nama Diplodocus carnegie, penemunya adalah Andrew Carnegie.

Dinosaurus pinter nggak, ya?
Lumayan pinter sih, soalnya otak si dino lebih gede dari rata-rata otak reptilia lainnya. Tapi, meskipun pinter, tetap aja nggak bisa jawab soal matematika di papan tulis.

Ada nggak dinosaurus yang keras kepala?
Ada. Nggak cuma manusia aja yang keras kepala. Si Pacisefalosaurus juga. Si dino ini punya tulang ubun setebal 25 cm. Bentuk kepalanya seperti kubah. Kayaknya sih, kalau berkelahi, dia main serudukĀ  aja.

Dinosaurus bertelur nggak?
Iya. Sejauh ini diketahui dino bernama handrosaurus bertelur sekitar 20 hingga 30 butir sekaligus. Kayaknya dino ini suka keluarga besar

Di film Jurassic, si dino boleh dielus-elus. Emangnya dino hewan jinak ya?
Wah, meski ultrasaurus, dino paling bongsor itu makannya cuma tumbuh-tumbuhan, tetap aja kita mesti waspada kalo dekat-dekat dia. Bagaimanapun dino kan hewan liar.

Ada nggak kemungkinan menghidupkan lagi dinosaurus lewat kloning?
Mungkin aja, tapi kayaknya susah sih. prosesnya nggak sesederhana seperti yang kita lihat di film-film. Sebaiknya sih, jangan dibangkitkan lagi dinonya. Kan gawat kalo T-Rex, si dino ganas yang dikloning

Ada nggak dino yang ditemukan dalam keadaan utuh? nggak cuma tulang belulang aja?
Ada, baru-baru ini ditemukan Dakota. Fosil dinosaurus berusia 67 juta tahun. Dino ini ditemukan lengkap dengan kulitnya.
Boleh nggak kita piara dino?
Kalo yang kecil dan nggak berbahaya kayaknya boleh ya. tapi kalo mau melihara ultrasaurus, wah….bingung ngasi makannya tuh….sekali makan, bisa menghabiskan ratusan kilo tumbuh-tumbuhan kayaknya.
(dino.leoniko/livescience/tempo interaktif)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: