5 Fakta Tentang Tubuhmu

1.Perutmu penghasil karat
Tahukah kamu, lambungmu menghasilkan cairan yang sangat beracun? Namanya asam hidroklorida. Senyawa korosif yang biasa digunakan untuk merawat metal di dunia industri.  Membran melapisi dinding lambung, sehingga cairan beracun ini tersimpan aman dalam system pencernaan.

2.Tulang mensupport kalsium ke tubuh
Tahukah kamu, untuk mendukung organ-organ tubuh dan otot, tulang memerlukan kalsium pada level tertentu. Tulang mengandung kalsium dan phosporus, dua zat yang penting untuk otot. Jika tubuh kekurangan dua elemen itu, hormon akan memecahkan tulang, mencari sumber kalsium baru. Pemecahan tulang ini akan berhenti bila asupan kalsium dari luar tubuh mencukupi. Makanya, orang yang kurang mengkonsumsi kalsium akan cepat mengalami kerapuhan tulang.

3. Dunia Tertawa Bersamamu
Tahukah kamu, bila kamu tertawa dunia pun akan tertawa bersamamu? Konon, beberapa prilaku wajah bisa menjadi mimikri (latah/peniruan). Melihat dan mendengar orang tertawa, akan menstimulasi bagian otak yang berhubungan dengan pergerakan wajah. Prilaku wajah lainnya yang bisa jadi mimikri yakni, bersin, tertawa, menangis dan menguap.

4. Kebun Binatang di Kulitmu
Tahukah kamu, ada 250 spesies bakteri hidup di kulit manusia? Beberapa diantaranya tinggal permanen, yang lain cuma numpang lewat. Ilmuwan Blaser mengambil contoh usapan dari lengan depan enam orang, pria dan wanita, sehat. Mereka menemukan sekitar mempelajari populasi bakteri di kulit—organ terluas milik manusia.
Lewat metode sensus dengan teknik molekuler DNA, mereka mendapati sekitar 250 spesies bakteri disana. Diantaranya berjenis Staphylococcus, Streptococcus, Propionibacteria dan Corynebacteria.

5. Satu liter gas di tubuhmu
Tahukah kamu manusia mengeluarkan satu liter gas per harinya? Yang bau dan tak bau. Gas ini merupakan udara yang terperangkap di lambung.
Ketika udara keluar dari perut melalui tenggorokan dan mulut, jadilah sendawa. Bila  turun ke bawah lewat usus besar dan  anus, jadilah kentut (ih bauuu!)
Perjalanan gas sendawa dari berbagai penjuru tubuh memakan waktu antara  30 sampai 45 menit.
(livescience/cyberman/tempointeraktif/republika)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: