Sultanah, Malikah, Sitt atau….

Menurut Lisan Al ‘Arab, kamus linguistik karya Ibn Manzur yang ditulis tahun 1232, kata khalifah hanya ada dalam bentuh maskulin, tak bisa digunakan dalam bentuk feminin. Karena itulah kita tidak mengenal khalifah perempuan, sebab penggunaannya hanya untuk laki-laki.

Umumnya orang menggunakan kata sultanah atau malikah pada pemimpin perempuan. Secara harfiah, bisa diartikan sebagai ratu.
Meski demikian ratu-ratu Islam, umumnya memiliki gelar yang berbeda, tidak terbatas pada dua kata itu saja.
Biasanya ratu-ratu Arab jarang yang menyandang gelar sultanah. Mereka lebih sering memakai malikah. Gelar sultanah bisa kita temukan pada orang-orang Turki seperti Sultanah Radhiyah atau Sultanah Syajarat Al Durr. Gelar malikah bisa kita temukan pada dua ratu dari Yaman, Asma dan Arwah. Gelar ini juga dipakai ratu-ratu yang berdiam dari daerah Delhi hingga Maroko.
Gelar lainnya adalah al hurrah. Secara etimologis artinya wanita bebas, kebalikan dari budak. Hurr secara hakiki dikaitkan dengan konsep keningratan, elit atau kelompok kelas atas. Salah satu yang digelari Al hurrah adalah Aisyah, orang di belakanglayar yang berperan penting mempertahankan Granada sebelum jatuh ke tangan Raja Ferdinand dan Ratu Isabella.
Gelar lainnya adalah Sitt, wanita terhormat. Ratu yang menggunakan gelar ini adalah Sitt Al Mulk, dari Dinasti Fathimiah, Mesir. Kemudian juga dikenal amirah, gelar yang umumnya diberikan pada pemimpin pasukan. Salah satu perempuan yang mendapat gelar ini adalah Ghaliah Al Wahhabiah, perempuan perkasa yang berhasil mempertahankan Makkah dari serangan asing pada awal abad 18. Gelar lainnya adalah khatun, umumnya dipakai orang-orang dari wilayah Turki dan Mongol. Salah satu yang terkenal adalah Dokus Khatun, istri cucu Jengis Khan.
Hmm, yang jelas, apapun gelar para perempuan ini, mereka telah memainkan peran sangat penting di negaranya masing-masing. (berbagai sumber)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: