Islam dan Astronomi

observatoriesislamfigure4.jpgAstronomi dan Astrologi memasuki kebudayaan Islam dari tiga arah, Persia, India dan Yunani. Teks astrologi pertama dikenal sebagai Siddhanda, ditranslet dari Bahasa India ke Arab sekitar tahun 770 M. Pada masa Hellenic, ribuan manuskrip dari berbagai perpustakaan terkenal memiliki kontribusi penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan kaum muslim.

Pada awal abad ke-9, Khalifah Al Ma’mun, membangun sebuah perguruan tinggi yang diberi nama Baitul Hikmah. Perguruan ini memiliki proyek ambisius, menerjemahkan semua teks pengetahuan ke dalam bahasa Arab. Termasuk di dalamnya buku-buku astronomi dan astrologi karya Hipparchus dan Ptolemy. Dua buku ini menjadi salah satu tonggak penting kemajuan astronomi Islam.
Dunia Astronomi Islam mulai menampakkan sinarnya ketika Khalifah Al Ma’mun memerintahkan membangun observatorium yang didirikan di Shamasiya, Baghdad dan Gunung Qasiyun, Damaskus.  Di observatorium ini juga terdapat quadrant ( alat pengukur sudut bintang) dengan radius lima meter. Beberapa dari hasil penelitian para astronom yang bekerja di dua observatorium ini adalah: tabel gerakan planet, bulan dan bintang-bintang. Penemuan gerak apogee (titik terjauh) matahari, equinox (saat matahari tegak di ekuator) dan menghitung presisi panjangnya tahun syamsiah. Selain itu mereka juga berhasil menghitung gerhana bulan, mengukur tinggi matahari, dan membuat gambar peta dunia besar lengkap dengan tolok ukur untuk menetapkan besarnya bumi. Disebutkan lingkaran bumi adalah 20.400 mil dengan radius 6.500 mil.
Astronomi  memiliki tempat tersendiri dalam dunia Islam. Sebab, banyak kegiatan ibadah kaum muslim dilakukan berdasarkan pergerakan benda langit. Seperti penentuan awal puasa (1 Ramadhan) dan lebaran (1 Syawal), kapan wukuf di Arafah, penentuan jadwal shalat dan lain-lain.  Ilmu ini emang penting banget dalam dunia Islam. Karena itu  menjadi astronom boleh juga dicantumkan dalam daftar cita-citamu. (skyscript/ahmadiyya)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: