Feromon, Tak Sekadar Pemikat

Feromon bukan hanya digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis. Pada beberapa makhluk hidup, feromon juga punya fungsi sebagai penanda jejak. Yuk kita lihat fungsi feromon pada beberapa hewan.
Rayap
Rayap (sumber:dunia-properti)Meski rayap itu buta namun mereka bisa mengikuti jalur perjalanan rayap di depannya. Dikarenakan rayap-rayap tersebut melepaskan feromon penanda jejak (trail following pheromone) yang keluar dari kelenjar sternum. Disamping itu, feromon juga berperan penting dalam mengatur koloni rakyat. Umumnya, jika koloni tersebut sedang berkembang, ratu akan menghasilkan banyak rayap-rayap kelas pekerja. Namun, bila ada banyak musuh (misal semut), maka yang banyak lahir adalah rayap kelas prajurit.

Ngengat
Ngengat (sumber:wiki)Di kalangan rayap, feromon bertindak sebagai pemikat. Feromon yang dikeluarkan ngengat betina dapat memikat ngengat jantan meski mereka terpisah beberapa kilometer. Feromon ini disebut disparlur. Ngengat jantan mampu mengindra molekul yang dilepaskan ngengat betina hanya dalam satu mililiter udara.
Lebah Madu
Lebah (sumber:f41qun) Hati-hati kalau menganggu seekor lebah madu. Sebab, setelah ia menggigitmu, bisa jadi sekelompok lebah lain akan ikut menyerang. Dikarenakan, saat seekor lebah menyengat ia akan meninggalkan feromon pada kulit kita. Feromon ini akan memanggil lebah-lebah lain. Pesannya hanya satu: serang.

Semut
Bagi semut, feromon merupakan tanda bahaya. Bila bertemu musuh, mereka akan melepaskan feromon ke udara. Guna memberi pesan bagi semut-semut lainnya untuk menjauh.
(wikipedia/harunyahya)

Iklan
  1. #1 by yonk on 13 April 2008 - 14:00

    jadi tertarik mengenai feromon.
    di indonesia ada gak orang yang jual Zat Feromon.

  2. #2 by orgchemist on 24 Mei 2008 - 04:52

    thanks infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: