Duo Ratu Dari Yaman

Dari semua ratu-ratu Islam, mungkin yang cukup istimewa adalah kisah Malikah (Ratu) dari Yaman, Asma binti Syihab Al Sulayhiyyah dan ‘Arwah binti Ahmad Al Sulayhiyah. Keduanya terikat hubungan sebagai mertua dan menantu. Mereka berdua memiliki gelar Al Sayyidah Al Hurrah, yang berarti ‘Putri bangsawan yang bebas dan merdeka, perempuan berkuasa yang tidak tunduk pada kekuasaan superior manapun.’ Kedua perempuan ini mendapat tempat di hati rakyatnya. Bahkan dalam khutbah-khutbah Jum’at nama mereka disebut-sebut sebagai penguasa yang sangat berhati-hati menyelesaikan masalah-masalah kaum beriman.
Yang mengagumkan, selama masa pemerintahan dua perempuan itu, Yaman berada dalam masa-masa terbaiknya. Penuh dengan kedamaian dan kedermawanan. Dua ratu ini berpegang teguh pada prinsip-prinsip mereka, mencintai rakyatnya dan setia kepada mereka. Yang menarik, Ratu Asma mengajarkan putranya, Al Mukarram bahwa perempuan adalah sebuah kekuatan. Karena itu tak mengherankan ketika Al Mukarram mempersunting ‘Arwah, ia menjadikan istrinya sebagai rekan dalam pemerintahan. Setelah Al Mukarram mengundurkan diri dari kedudukannya sebagai raja—akibat kelumpuhan yang dideritanya sehabis perang, seluruh tugas pemerintahan didelegasikan kepada ‘Arwah.
Malikah Hazimah
Asma dan ‘Arwah banyak disebut sebagai malikah hazimah. Artinya seorang penguasa yang memiliki kemampuan mengontrol jalannya kehidupan dan permasalahan. Serta membuat keputusan-keputusan penting.
Hmm, ternyata dalam sejarah Islam, kaum perempuan juga dipercaya memimpin pemerintahan sepanjang mereka memang punya potensi untuk itu. (berbagai sumber)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: