Si Buta Dari Gua Hantu

Bicara komik Indonesia nggak lengkap rasanya kalo nggak ngomongin Si Buta Dari Gua Hantu. Tokoh komik rekaan Ganes Th ini sangat populer ke seantero jagat Indonesia. Saking populernya berkali-kali diangkat ke layar lebar dan layar kaca. Si Buta lahir tahun 1967 lewat terbitan UP Soka Jakarta. Semenjak kemunculannya tokoh yang bernama asli Barda Mandrawata ini sudah menarik perhatian.

Dikarenakan kelihaian Ganes Th membuat plot yang bikin penasaran. Tak jarang Ganes Th menyembunyikan identitas tokoh antagonis, membuat pembaca cuma bisa menebak-nebak (mirip cerita detektif ya). Yang bikin tambah menarik, Ganes Th juga suka menyisipkan lirik-lirik puisi beken Indonesia, seperti puisinya Chairil Anwar yang berjudul Aku. Selain itu, Ganes Th juga kerap membawa pembacanya mengikuti kelana Si Buta dari pantai Sanur hingga ke gunung Tinombala. Dari Borobudur hingga ke Pulau Flores. Ganes Th seolah hendak menunjukkan Si Buta ini bener-bener tokoh nusantara sejati. Rela membantu orang-orang dari berbagai pelosok nusantara.
Untuk memperingati 70 tahun Ganes Th, serial awal si Buta yang berjudul Si Buta Dari Gua Hantu diterbitkan kembali tahun 2005.
(sinarharapanonline/id.wikipedia)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: