Ptolemy III Eurgetes. Membuat Buku Semanis Gula

Meskipun perpustakaan Alexandria di bangun pada masa Ptolemy I Soter, namun pada masa Ptolemy III Eurgetes lah perpustakaan ini berkembang pesat. Ia merupakan generasi ketiga Dinasti Ptolemaic yang memerintah Mesir. Ptolemy III Eurgetes merupakan putra Ptolemy II Philadelphus, naik tahta setelah ayahnya meninggal tahun 246 SM.
Di bawah pemerintahannya, koleksi perpustakaan Alexandria meningkat pesat. Seluruh pendatang baru Alexandria diwajibkan memberikan beberapa buah buku pada perpustakaan untuk diperbanyak. Ptolemy III Eurgetes juga memerintahkan untuk mencari perangkat yang bisa mendukung segenap aktivitas perpustakaan. Demi mendapat yang terbaik, ia bahkan memerintahkan untuk mencarinya ke seluruh wilayah Mediterania, dari Rhodes hingga Athena.
Untuk meningkatkan kualitas, perpustakaan ini juga menjalin hubungan dengan perpustakaan lainnya. Salah satu yang paling erat hubungannya adalah perpustakaan Pergamun di Yunani yang dibangun oleh raja Eumenes II. Ilmuwan kedua perpustakaan saling bertukar ilmu dan pemikiran.
Hmm, luar biasa ya. Bikin kita jadi iri aja. Pantas banyak ilmuwan masyhur lahir dari Perpustakaan Alexandria, sebut saja Archimedes, Euclidus atau Heron. Perpustakaan ini iibarat gula. Ia mampu menarik semut-semut pencari ilmu dari berbagai penjuru dunia untuk mendatangi Alexandria, belajar dan akhirnya menerangi dunia dengan ilmu yang didapat. Kapan ya,kita punya perpustakaan seperti ini?

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: