Keajaiban Karena Polling

machu_picchu.jpgBerakhir sudah hajatan besar New Open World Corporation (NOWC) yang digawangi Bernard Weber, kurator museum dan sutradara. Sejak tahun 1999 mereka mengadakan kontes terbuka, memilih tujuh kejaiban dunia yang baru. Alasannya, tujuh keajaiban dunia lama yang dicatat Philon, sejarahwan masa silam hanya tersisa satu, piramida Giza, Mesir. Yang lainnya seperti Taman Bergantung Babylonia, patung Zeus Olympia, Kuil Artemis di Ephesus, Musoleum Halicarnassus, Colossus dari Rhodes, dan mercusuar Pharos Iskandariah, musnah ditelan zaman dan musibah. Karena itu, perlu kiranya untuk membangkitkan kembali tujuh keajaiban dunia yang baru. Syaratnya, bangunan tersebut masih kokoh dan sudah berdiri sebelum tahun 2000.
Maka berlomba-lombalah hampir seluruh masyarakat dunia mendaftarkan bangunan favorit mereka sebagai nominasi di situs http://www.new7 wonders.com milik NOWC. Usia bangunan yang didaftarkan bervariasi. Mulai dari situs sangat tua seperti situs batu di Rapanui hingga bangunan modern gedung teater Sydney yang terkenal. Dewan juri terdiri dari para pakar arsitektur dan diketuai langsung oleh mantan dirjen UNESCO Federico Mayor. Tahun 2005 dewan juri mengerucutkan nominasi menjadi 77 buah, jumlah itu terus mengerucut ke angka 21. Diantara finalis adalah: piramida Gizachichen_itza.jpg Mesir, kuil Acropolis Yunani, istana Alhambra Spanyol, kota tua Petra Yordania, patung Kristus Sang Penebus di Rio de Janeiro, dan tembok besar Cina.

Bangunan Kuno Idol
Pemilihan tujuh keajaiban dunia ini mirip dengan kontes idol-idolan yang ada di televisi. Keduapuluh satu negara asal finalis berlomba-lomba memberikan suaranya ke dalam polling. Bahkan beberapa kepala negara ikut berkampanye mengajak rakyatnya memberikan suara untuk bangunan bersejarah milik mereka. Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, misalnya, turun langsung ke lapangan menghimbau rakyatnya memilih patung Kristus Sang Penebus. Ia juga giat berkampanye di berbagai media massa. Pemerintah Cina meminta semua mahasiswa dan pelajar sekolah di Cina memberikan suara agar tembok besar Cina bisa mengalahkan kandidat lain. Sedangkan pemerintah Yordania mengajak seluruh warganya menyatukan suara agar situs kuno mereka, kota Petra, terpilih.
Pemerintah Peru tak mau ketinggalan, mereka menyediakan komputer-komputer berakses internet gratis di setiap tempat umum guna memudahkan masyarakat Peru memilih situs bersejarah Machu Picchu. Situs ini berada di pegunungan Andes, berketinggian 2438 m dari permukaan laut. Karena begitu terpencil situs ini kurang dikenal, dengan demikian penting kiranya memasukkan situs ini ke dalam daftar tujuh keajaiban agar lebih populer.
Apa yang dilakukan pemerintah Meksiko lebih unik. Untuk memotivasi masyarakat, Meksiko memilih situs Chichen Itza, kota kuno peradaban Maya, mereka menggandeng Coca Cola sebagai sponsor. Di setiap kaleng Coca Cola di Meksiko terdapat gambar situs kuno ini berikut cara memberi dukungan melalui polling. Wah….wah…. seperti kontes memilih idol jadinya ya?

Tujuh Keajaiban Baru
Puncak acara terjadi di stadion Benfica Lisabon, Portugal tanggal 7/7/2007 lalu. Dengan dipandu aktor Inggris, Ben Kingsley, dan aktris AS, Hillary Swank, acara pengumuman tujuh keajaiban dunia itu berlangsung sangat meriah dan semarak. Konon acara ini disiarkan ke 170 negara dan ditonton 1,6 miliar pemirsa. Ketua panitia Diego Freitas do Amaral, dalam pidatonya mengklaim, pemilihan tujuh keajaiban dunia baru sebagai yang terbesar di dunia. Untuk pertama kali dalam sejarah, seratus juta orang dari berbagai bangsa memberikan suaranya. Malam itu diumumkan tujuh bangunan kuno sebagai tujuh keajaiban dunia yang baru. Bangunan tersebut adalah: Tembok Besar China, Coloseum di Roma, Taj Mahal di India, kota kuno Petra di Jordania, Patung Kristus Sang Penebus di Rio de Janeiro, Machu Picchu di Peru dan kota Chichen Itza, di Meksiko. Warga di ke tujuh negara tersebut menyambut gembira hasil pengumuman ini. Rakyat India menyalakan kembang api di luar Taj Mahal dan menyebut kemenangan tersebut sebagai kemenangan cinta. Di Jordania seluruh turis membentuk spiral di daerah kota kuno Petra. Di Peru, ribuan orang sepanjang satu kilometer berpesta dan bergembira. Sedangkan di Meksiko, ribuan orang menarikan tarian suku Maya begitu mengetahui Chiczen Itza, kota kuno suku Maya masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia.

Mesir Berang
Pemerintah Mesir berang ketika mengetahui piramida Giza tidak dicantumkan sebagai tujuh keajaiban dunia yang baru, padahal dari tujuh kejaiban dunia lama hanya piramida Giza yang masih berdiri kokoh. Zahi Hawass, Kepala Badan Benda Antik Mesir menyebut, hasil kontes ini tidak akan mengurangi nilai dari piramida tersebut.
“Piramidalah satu-satunya keajaiban dunia,” ucap Hawass tegas. Menurutnya tujuh keajaiban dunia yang baru akan segera hilang dari ingatan orang-orang, tapi piramida tak demikian.
“Kalau ekspos media sudah berakhir, semua ini segera dilupakan,” tuturnya. Wah!n

Iklan

  1. #1 by Aira on 21 Juli 2009 - 06:38

    Mau mereka bilang apa,candi borobudur ma piramid tetep paling oke.jelas2 semen ma backhoe belum ditemukan tp bsa2nya merekatkan batu2 besar pakai putih telur.bullshit polling..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: