Guano Pangkal Kaya

Kotoran Guano. (source: arikah.net)Guano adalah sebutan lain bagi kotoran kelelawar. Guano memiliki nilai ekonomis tinggi karena kegunaannya yang besar dalam menyuburkan tanah. Sebuah penelitian di  Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat menemukan, di dalam guano terdapat jumlah nitrogen yang sangat banyak, jauh lebih banyak dari kotoran merpati.

Selain itu, juga ditemukan kalium, phospat, nitrogen, potasium dan semua mineral mikro yang dibutuhkan tanaman. Harga guano lebih mahal dari pupuk kimia buatan, karena guano memiliki kelebihan lain yakni; mampu tinggal lebih lama dalam jaringan tanah, meningkatkan produktivitas tanah dan menyediakan makanan bagi tanaman, jauh lebih lama dari pupuk kimia buatan.
Indonesia memiliki banyak sumber daya phospat, tapi sayangnya sampai saat ini belum diolah maksimal. Kita masih mengimpor phospat setiap tahun. Menurut data, pada bulan Mei 2001 saja jumlah impor phospat kita mencapai 7.570 ton. Bila kita mengolah sumber daya phospat ini semaksimal mungkin, tentu beban APBN akan berkurang, dan lapangan kerja baru terbuka.(Maya)

Iklan

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: