DNA, Perekam Sejarah Manusia

DNA adalah salah satu keajaiban yang diberikan Tuhan pada makhluk hidup. Bagaimana tidak, DNA yang ukurannya lebih kecil dari titik pada huruf i mampu menampung miliaran informasi. Lewat DNA kita bisa mengetahui silsilah kita hingga ke kakek buyutnya buyut. Lewat DNA pula kita bisa mengetahui ciri-ciri seseorang. Seperti apa rambutnya,  apa warna matanya, tinggi badannya, dan lain-lain.
DNA alias Deoksiribonukleat acid bisa diibaratkan amplop. Di dalam amplop ini terdapat berlembar-lembar surat. Di surat itulah tertulis semua informasi tentang diri kita.
Kita bisa menemukan DNA di dalam inti sel tubuh dan mitokondria. Begini, lho, tubuh kita ini kan tersusun atas miliaran sel. Andaikan tubuh adalah rumah, sel-sel itulah batanya. DNA terdapat di dalam bata-bata itu. Bentuknya spiral, biasa disebut kromosom. Manusia normal memiliki 46 kromosom yang terdiri dari 22 pasang kromosom somatik dan 1 pasang kromosom sex (XX atau XY).
Setiap anak akan menerima setengah pasang kromosom dari ayah dan setengah pasang kromosom lagi dari ibu, sehingga setiap individu membawa sifat yang diturunkan ibu maupun ayah. SedangkanDNA yang berada pada mitokondria, bersifat matrilinial, hanya diwariskan oleh ibu.
DNA tersusun atas empat molekul nukleotida. Setiap manusia memiliki urutan yang khas, tidak sama satu sama lain. Urutan inilah yang diturunkan orangtua pada kita. Meski demikian, DNA kita tak sepenuhnya sama dengan milik orangtua. Sebab, dalam proses penggandaan, biasanya terjadi perubahan yang sangat tipis pada urutan nukleotida akibat faktor lingkungan. Perubahan ini biasa disebut mutasi. Jika mutasi menguntungkan biasanya akan diturunkan pada generasi selanjutnya.(Maya/berbagai sumber)

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: