Misteri Hilangnya Suku Maya Terkuak

dovehouse-283x204.jpg

Suku bangsa Maya, merupakan salah satu suku paling terkenal sekaligus misterius di dunia. Mereka terkenal karena memiliki kebudayaan tinggi dan mewariskan bangunan-bangunan megah seperti house of the dove (rumah merpati) di kawasan mesoamerika. Suku ini juga dianggap misterius, karena hilang begitu saja dari panggung sejarah. Nggak ada jejaknya.
Sampai kini, para arkeolog terus berusaha menyingkap misteri bangsa ini. Berkat kegigihan, sepertinya misteri hilangnya suku ini mulai terungkap.
Menurut para peneliti dari Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama, AS, seperti dikutip dari livescience, suku ini mungkin punah karena perubahan iklim. Kesimpulan ini didapat setelah mereka mengamati wilayah Amerika Tengah via satelit.
Program satelit yang mengamati kawasan itu dikenal sebagai SERVIR. Diluncurkan awal tahun 2005. Mulanya, satelit ini digunakan untuk menolong pemerintah menghalau kebakaran hutan, meningkatkan potensi lahan dan membantu memperbaiki  kerusakan lingkungan.  Kenyataannya, program satelit ini bukan cuma membantu dalam hal-hal tersebut saja, tapi juga menemukan jejak-jejak kuno Suku Maya. Jejak ini berkemungkinan besar wilayah pertanian masa lalu yang rusak berat.

Servir memberi informasi, bahwa perubahan iklim mungkin merusak ekosistem dan keanekaragaman hayati yang dimiliki lingkungan Suku Maya.
Sebelumnya, ada banyak dugaan mengenai penyebab hilangnya Suku Maya. Ada yang bilang disbabkan oleh badai topan, kelebihan penduduk, wabah penyakit hingga pemberontakan petani. Namun, Arkeolog Nasa satu-satunya, Sever, menyebut bahwa kepunahan itu mungkin disebabkan oleh perubahan iklim.
Suku Maya mungkin saja mengeksploitasi lahan subur yang disebut bajos dan tergantung pada lahan ini. Buktinya, citra satelit memperlihatkan adanya demaga kuno, kanal-kanal pengairan dan ladang-ladang pertanian.
Ketika musim kering yang panjang melanda akibat perubahan iklim, lahan pertanian subur ini menjadi kerontang dan tak menghasilkan. Ini membawa kemunduran besar bagi Suku Maya sampai akhirnya mereka hilang dari sejarah.

About these ads
  1. #1 by jeanny on 31 Mei 2008 - 16:19

    kalau menurut saya, mungkin ajah mereka pindah ke galaksi lain di luar bumi seperti yang dilakukan oleh bangsa mu. seperti yang kita tahu, bangsa maya mengenal bangsa mu dan atlantis. mungkin ajah mereka memiliki peradaban, kepercayaan, dan kebiasaan yang hampir sama. sebab aneh banget meninggalkan peradaban mereka yang udah segitu majunya begitu aja. hahahhaah…

    • #2 by kuro no ito on 11 Agustus 2009 - 07:15

      wew! ngawur… pada zamannya, mereka belum punya peradaban yang memungkinkan untuk perpindahan planet… apalagi galaksi,,,

      • #3 by hery on 1 Oktober 2010 - 11:08

        km gk pernah bca tentang sejarah ya yang ngejelasin bahwa mereka saat itu udah punya kendaraaan yang bs terbang n berbentuk piring terbang n gk pake bensin kaya sekarang,tapi pake kristal…
        siapa tau aja mereka bersembunyi di sebuah planet tau di bagian bumi yang gk pernah terjamah kaya segitiga bermuda

      • #4 by ungat on 10 Oktober 2010 - 10:13

        kalau ngomong jgn asal ngomong donk kakek gw asli suku maya nih

    • #5 by tahi lancungg on 15 November 2009 - 08:17

      mereka semua pindah ke planet yang banyak tai nyaaaa……

    • #6 by Tatang Wahyu Hidayat on 5 Maret 2010 - 13:54

      mereka jadi alien x

    • #7 by Aldi on 25 Juli 2010 - 07:16

      wah mungkin aja semua ga ada yang mustahil

    • #8 by mbep on 30 September 2010 - 11:58

      hahahahahayyy

      sya ska klo ada brita ttg menghilang.yya sku maya

    • #9 by angga on 23 November 2010 - 02:58

      betul jg kale ya,..

    • #10 by namikaze sam on 26 Maret 2011 - 16:04

      ckck, misteri suku maya mungkin sama dengan misteri atlantis..
      mungkin aja mereka dan peninggalannya tegelam kelaut lepas..

      haha

    • #11 by Nashgoring Da on 29 Juli 2011 - 02:27

      Mungkin mereka kena azab hingga hilang peradabannya

    • #12 by alex on 16 Agustus 2011 - 06:04

      da kmungkinan jg perebutan wilayah.. dan suku maya terbantai habiz.. & jika tidak terbantai, sisa penduduk suku maya pasti bungkam tu2p mulut..

    • #13 by darmandj89 on 10 Oktober 2011 - 01:55

      mau tau,,,sebenarnya mereka ada di dekat rumahku…namanya keluarga maya..

    • #14 by TALIAWO on 12 Desember 2011 - 11:37

      BAGI KU GA USAH TRLALU JAUH TUK BAHAS SUKU MAYA…..DI NEGERI KITA AJA MASIH BANYAK KERAJAAN YG MNJDI MISTERI SAMPAI SEKARANG SALAH SATU NYA ADALAH KERAJAAN PADJAJARAN YG ADA DI BAGOR ENTA KEMANA PERGI NYA……….

  2. #15 by madha on 3 September 2008 - 06:45

    liat aja nanti..
    tunggu ja tengkorak emas ampe brkumpul n lengkap bru brcrta ms lampau..mngkn jga..
    Allah maha tahu..

  3. #16 by >>thè spYdér on 14 September 2008 - 13:35

    Weleh kelen yaaa
    Peradaban2 kuno memang asik untuk disimak…selain bangsa MAYA banyak juga peradaban kuno lain yang masih menyimpan semilyar misteri..:-)
    Misalnya peradaban bangsa mesir kuno,peradaban atlantis,peradaban aztec,peradaban nazca,peradaban mu,peradaban apa lagi yaa?
    Ya pokoknya semakin kita baca mengenai misteri-misteri seperti ini..
    Kita dibikin makin penasaran!
    Tapi gw demen,asal gk mati penasaran aja..
    hohohoho
    hihi. . . . . . . .

    • #17 by samsam on 21 Juli 2010 - 02:57

      iya, emangy enak kalo dikibulin ama cerita2 ngibul, kyk kita masih kecil dulu suka banget dengerin cerita2 ngibul ortu.

  4. #18 by bolehtau on 28 September 2008 - 04:56

    peradaban kuno yang terdapat di Indoensia menarik juga lho untuk disimak. Tapi, karena udah banyak di buku sejarah sekolah, kayaknya pad alebih tertarik melihat sejarah dari luar yaa…

    • #19 by mastbay on 12 Oktober 2011 - 16:27

      peradaban membingungkan karena terlalu banyak versi,,,,dri jaman gw SD sampai lulus Kuliah beratus-ratus versi yang di ajarkan,,lha yang mana yang bener??

  5. #20 by Irman Hanurahman on 16 Oktober 2008 - 02:11

    Sebagai pengagum sains, saya merasa tidak salah untuk menaruh kepercayaan pada hasil ulasan para ilmuwan sejarah tentang UFO, Bangsa Maya, Atlantis, Bermuda,Mesir Kuno, Majapahit dll, karena hal itu masih lebih baik daripada beklum berbuat apa-apa sama sekali. Walau semua itu belum dapat dipercaya 100% atau memuaskan semua pihak dari berbagai sudut pandang baik agama atau sains, tapi setidaknya masih selangkah lebih maju untuk terus mencapai kebenaran yang mutlak. Saya yakin selalu akan ada jalan jika kita juga selalu mau berusaha. Hal sekecil apapun yang kita dapatkan menjadi berarti jika kita menganggap itu sebagai karunia dari Allah SWT karena apapun yang diberikannya tidak pernah ada 6yang percuma. Percayalah.

    • #21 by 15243L on 6 Agustus 2010 - 01:08

      kmu di kutuk jdi babi,,,,,,,,,hahaha

    • #22 by lion on 16 November 2010 - 07:40

      @alien212 : lw tu monyet…gak usah ngomong kalo gak tau apa2…kayak suku lw dah bagus saja…ngaca dunk…

  6. #23 by Alien212 on 22 Oktober 2008 - 13:31

    1. suku MAYA berevolusi jadi Alien…
    2. suku ISRAEL dikutuk jadi monyet…

    Semua masih di bumi. Cuman karena ingkar pada ALLAH SWT. Macam di Indonesia. Kalo di Indonesia yang dikutuk bukan suku tapi personal, macaam malin kundang anak durhaka dan sebagainya.

    • #24 by james septian s on 4 April 2011 - 02:58

      kalu ngomong yang sopan

  7. #25 by eL on 5 November 2008 - 17:10

    Atau mungkin saja suatu saat nanti indonesia pun akan lenyap ditelan bumi? Coba bayangin kasus lumpur panas (Lapindo) di Porong, Sidoarjo. Lumpur panas tersebut mungkin sampe saat ini udah membentuk terowongan2 atau lobang raksasa dibawah tanah, tentunya akan terus membesar dan mungkin menenggelamkan kepulauan kita tercinta ini. Duh, mungkin nanti hilangnya peradaban indonesia pun dicari-cari oleh ilmuwan2 masa depan?? Ngeri ah.. Wallahu Alam..

  8. #26 by indra on 8 November 2008 - 11:31

    Buat apalagi buang2 wkt mencari sejarah masa lalu…
    g ada yg istimewa kok bagi aq, krn kita jg smua nantinya akan menjadi sejarah juga bagi kehidupan di masa yang akan datang……
    mendingan mikirin buat terobosan br buat masa depan, biar loe pade bnyk amal krn temuan loe digunakan orang bnyk…..

  9. #27 by ness on 26 November 2008 - 13:17

    aneh ya .
    suku maya , atlantis , aztec , mesir kuno , dll .
    katanya , suku maya pernah ketemu alien/ufo yaa ? !

  10. #28 by logik on 9 Desember 2008 - 06:24

    Punahnya suku2 hebat itu boleh jadi juga karena penyakit yang dibawa oleh orang2 Eropa. Kita tahu bahwa Eropa pun pernah kena wabah flu yang mematikan yang nyaris menghabiskan bangsa Eropa. Hanya wabah flu saja.

  11. #29 by logik on 9 Desember 2008 - 06:36

    Terus terang, artikel menarik. Kalau mau paham artikel macam di atas harus belajar antropologi, sejarah dunia, evolusi, biologi, kenal peta bumi, astronomi, dan suka baca National Geographic. Kalau modalnya kitab suci doang… payah deh Beibeh.. Komentar jangan kampungan gitu loh..

  12. #30 by reii on 2 Januari 2009 - 17:24

    gw rasa sih suku maya tuh manusia2 dr masa depan yg kembali ke masa lampau lalu balik lg deh ke masa depan ^^

  13. #31 by sapro on 6 Januari 2009 - 16:04

    g tw lah gw pokokx suku maya itu ya suku maya….
    g da hub.x dg suku jawa ato suku apapun kaleeee….:-)

  14. #32 by MR. T on 8 Januari 2009 - 03:56

    aq sih sangat percaya suku maya memang betul-betul maya alias gak eneng iku cuma khayalan arkheolog bae!!!

  15. #34 by surono on 9 Januari 2009 - 04:12

    suku maya? kyaknx q kenal deh…adikx luna maya khan?!

    • #35 by TT on 4 Juli 2009 - 17:55

      ngomong apa sih ni orang,,gak penting banget..
      israel tuh tanah perjanjian yg dijadikan tuhan.
      makanya orang2nya juga pintar2 kan..dah terbukti..

  16. #36 by aji on 13 Januari 2009 - 07:31

    israel mti ajh lo….
    jng gangu plestina jng gangu lg y
    damai dunia

  17. #37 by rant on 18 Januari 2009 - 13:48

    suku maya berubah menjadi debu yang hanya menyisahkan sejarah, apabila kita terus mengejar untuk menguak suku maya..itu hanya akan sia-sia dan hanya membuank waktu

  18. #38 by WILLY LIBRA on 19 Januari 2009 - 12:44

    wah….penasaran jg neh…
    ^^

    kn ktny suku maya pernah ktmu alien….
    ap jgn jgn suku maya ikut para alien pergi k buminy alien???
    hihihihi

    ato ….
    jgn2…. suku maya punya dimensi mesin waktu???

    hhaahahaha

    smoga cepat mendapatkan jawabannya….

    ^^

    • #39 by sheilha on 4 Agustus 2011 - 13:10

      wah wah,,berarti suku maya alien donkz,,, wah gmn dunia kita,tpiiiiiiiiii dger dger 2012 tuh bnern terjdi loh,kata suku maya cieh,klo menurut km

  19. #40 by intro21 on 22 Januari 2009 - 10:16

    selalu ada sudut pandang yang berbeda akan peradaban masa lalu yang penuh dengan misteri.menurutku suku maya hilang dikarenakan adanya perubahan iklim yang sangat berdampak besar yang mempengaruhi peradabn mereka

  20. #41 by muthi on 27 Januari 2009 - 09:13

    benarkah itu ?????????????????????????????????
    bagaimana cerita selanjutnya???????????

  21. #42 by pecinta sejarah & kebenaran on 28 Januari 2009 - 07:25

    saya nggak stuju ttg pendapat ente , ente bilang suku maya adalah suku yg paling hebat dan pintar , dan menurutku mereka tidak mungkin mati begitu saja o/ alam dengan kepintarannya mereka bisa antisipasi kejadian itu.dan satu hal lagi bangsa maya memiliki sesuatu yg hebat mengenai ramalan dan merka pasti tau pa yg kan datang pda mereka,seandainya alam tidak bisa dilawanpun pasti maC ada sebagian orang yg selamat.pernah liat film The day after tomorrow kan nggak semua orng mati maC ada yg tersisah yaitu orng yg berthan dan memiliki kepintaran u/ mempertahankan diri,jika bangsa maya lenyap karena perubahan iklim tak ada satu buktipun yg real apalagi dari NASA yg selama ini sering memtar balikkan fakta mengenai mars ,dll

    • #43 by ocim on 26 Agustus 2009 - 13:49

      SETUJU…

  22. #44 by Computer ( Insane ) on 29 Januari 2009 - 12:11

    Wew, katanya bangsa maya musnah karena ada perubahan iklim ?, keknya ( secara logika ) itu bukan alasan bangsa maya hilang secara misterius deh ! . Soalnya bangsa maya tekhnologi nya katanya dah maju bner ( emang bner seh klo dilihat dr peninggalan di Chichen Itza ), n klo menurut wa ilmu astronominya lebih canggih jauh dibandingkan kita dimasa sekarang diakrenakan mereka sebelum munculnya teori heliosentris Copernicus, mereka sudah dengan telak mengetahui bahwa bumi bulat dan matahari sebagai pusat tata surya bahkan mereka juga mengetahui ada nya Planet diluar sistem tata surya kita yg memotong orbit sistem tata surya kita n para ahli baru tw kira2 beberapa dasawarsa yg lalu n dinamain planet x yg kita bisa liat dengan mata telanjang thn 2010, 2012 planet tersebut jaraknya sudah dekat sekali dengan sistem tata surya kita !

  23. #45 by GENDERUWO on 30 Januari 2009 - 04:54

    mungkin aja suku maya di bawa pergi jahu ama ultramen diya

  24. #46 by dessy on 31 Januari 2009 - 06:04

    suku maya….???

  25. #47 by ashwin1903 on 7 Februari 2009 - 05:22

    dapet sumbernye dari mane?

  26. #48 by ykpp on 11 Februari 2009 - 01:17

    Suku maya itu ya meksiko, yang tendensi banyak orang indian. seperti gypsi di rumania. atau dayak di Kalimantan. semua memiliki cerita menarik berhubungan dengan gaib. Suku Jawa dengan cerita Joyoboyo, Ronggowarsito. Semua sama, sejarah is sejarah. Semoga cerita suku maya yang meramalkan Asia, khususnya Jawa akan terkena Banjir besar th 2012 (katanya akan terendam jadi ROB). Berdoa dan Pasrah kepada Allah SWT, agar bangsa Indonesia menjadi negara besar seperti cita-cita Bung Karno dan Bung Hatta. By.Mochammad Nurdjaedi Soemarno – Sekjen Partai Nata Negara.

    • #49 by TALIAWO on 12 Desember 2011 - 11:54

      Suku Maya nantinya klo muncul bersamaan dgn perubahan Indonesia menjadi Indonesia Baru yg sdng di nntikan oleh seluruh rakyat Indonesia sesuai cita2 oleh para pendahulu kita sprti BUNG KARNO……yg mnjdi pemerintahan se-umur hidup……..

  27. #50 by Ooarx on 11 Februari 2009 - 13:48

    aq sii pernah denger..
    suku maya tuu ilang karena kjadian nabi nuh…
    yg sluruh kaumny ama sluruh permukaan di bumi ini smuany tenggelam karena air bah….

    yah.. believe it or not…

  28. #51 by hendr@ on 14 Februari 2009 - 05:52

    suku maya memang suku yang dikenal memiliki peradaban tinggi. mereka tidak mungkin punah hanya maslalah sepeleh seperti itu. Jika kita melihat jauh kebelakang, sebelum kita menemukan sistem perbintangan, suku maya sudah mengembangkan dan merapkan ilmu itu terlebih dahulu. dulu seblum mesir menemukan piramid, suku maya sudah lebih dulu membangun. untuk itu, menurut saya, suku maya merupakan suku yang bukan asli bumi/ alien. kenapa? karena seperti kita ketahui dari peradaban teknologi yg mereka anut lebih cenderung mengarah ke alam semesta dan galaksi yg ada. kalo kita lihat lagi kebelakang, menurut penelitian di amerika paling banyak kemunculan UFO bersal dari dataran itu. untuk itu mungkin saja suku maya tersebut secara tidak langsung sudah berimigrasi ke suatu alam lain yg tidak kita ketahui.

  29. #52 by ridwan saifulloh on 17 Februari 2009 - 01:03

    ah bull shit . . . . . …….
    semua itu bohong …. wou o u oooooooooooooo

  30. #53 by J on 17 Februari 2009 - 11:41

    jangan sekali kali menganggap enteng sejarah karena sejarah dapat menjadi refleksi kita dalam melakukan berbagai hal.Menanggapi masalah ini saya tidak sepenuhnya setuju karena dengan kondisi alma seperti itu mereka pastinya akan berpindah tempat guna menemukan daerah yang lebih subur

  31. #54 by Palestinistic on 18 Februari 2009 - 04:20

    Kalo tetangga gue yang namanya Maya Satira sih jelas-jelas turunan ibunya yang bernama Maya Roheli, suku asli Sunda.

  32. #55 by themmy on 23 Februari 2009 - 08:04

    kenapa suku maya ini ngak ada di ajarkan di sekolah??????????
    kan asyik jg ngingat sejarah bumi kita ini!!!!!!!!!
    seru broooooo>>>>>>>>

    • #56 by ocim on 26 Agustus 2009 - 13:47

      wahhh…lo skolah dmn masa sih ga di ajarin..memeng sih ga di ajarin scr mendalam tp ada ko pembahasanya…

  33. #57 by restu on 23 Februari 2009 - 09:15

    dobol tok

  34. #58 by andreas on 24 Februari 2009 - 08:59

    mungkin suku maya berubah menjadi alien X,dan mana mungkin seorang manusia bisa memprediksikan kapan hari kiamat tiba.Bull shit man

  35. #59 by angga bolank on 24 Februari 2009 - 09:08

    hmmm…..misterius jg yua!!!
    ikh,,,srem….
    truz dri mna sku mya bsa memprediksi bahawa 2012 kan trjadi kiamat??? tanya kenapa??/?

  36. #60 by Mujiburrahman on 24 Februari 2009 - 16:46

    Allah huaqbar,……….

    (Allah Maha Besar),……….

    Begitu banyak keajaiban2 di dunia ini yang belum terungkap oleh mata telanjang manusia,.
    Kita ngk tahu hari esok ada apa,.
    Karna hari esok masih misteri di kehidupan kita yang sterusnya,.
    Bisa aja hari esok akan timbul keajaiban2 baru di dunia ini, bahkan di sekitar kita skalipun,.
    Gw takut aja, mungkin keesokan harinya keajaiban itu berubah menjadi KIAMAT/Hari akhir. Di kehidupan kita,.

    Jujur,……….!!!

    Aku beruntung banget bisa tahu sejarah dunia ini,.
    ( Suku Maya, Atlantis, Tajmahal, Bermuda, Mesir kuno dll ),.

    Karna dengan sejarahlah aku dan orang2 di belahan dunua ini bisa tahu lmu dan Sejarah yang Allah berikan untukku dan orang banyak,.

  37. #61 by joe_tarmidzi on 24 Februari 2009 - 18:32

    gw yakin dgn kebeneran bencana itu krn kt smua emang truz meneruz menjalani peradaban kt sndiri..kiamat adalah pemurnian dunia dari sgala hal buruk yg trdpt didlmya,tp jgn slh pak kt punya agama kt masing2 jd kt memang ga hrs prcaya jg ma ramalan sapa az ttg kiamat ini,peradaban truz brjln dan kt bkl jd sejarah masadepan kt sndiri…staycool aj cuy

  38. #62 by bedjjo on 25 Februari 2009 - 01:59

    gagh perlu 2012 jga X. . . . .
    klo yang diatas udah berkehendak sekarang juga bisa. .
    ya kann. . . ??
    ngap tunggu 2012. .. .

  39. #63 by imel purwodiningrat on 26 Februari 2009 - 04:28

    q sgt kagum dgn kbrdaan sku maya,yg angn aq tw tu siapa sbnrnya sku maya?We,sapa sg ngrti,aq dwei ngrti y?ra mudng y,kye basa sku maya,aq imel ktrunan sku maya generasi k 102

    • #64 by RaBoni on 17 September 2011 - 14:27

      ah waduk maneh klo maneh suku maya k 102 coba 1+1 rapa coba?

  40. #65 by rezza on 27 Februari 2009 - 04:08

    kolo buktinya ncman segitu mnurutq
    tu kurang kuat bwat disimpulin
    cari tulang atau kerangkanya dluw
    seperti dinosaurus!!!!

    • #66 by deva on 15 Agustus 2009 - 07:04

      klo ada tulangnya harusnya ada beritanya

  41. #67 by mila on 27 Februari 2009 - 10:00

    komentnya aneh2…sippp

  42. #68 by ian on 3 Maret 2009 - 01:10

    Siapa tuh yang nulis suku MAYA berevolusi jadi Alien…??
    HWKWKWKWKWK…. hari gini masih percaya evolusi???
    Bloon banget..belajar donk..baca..baca.. biar ga ketinggalan informasi bro!

    tapi yang paling bloon kayaknya yang nulis ini nih: “gw rasa sih suku maya tuh manusia2 dr masa depan yg kembali ke masa lampau lalu balik lg deh ke masa depan ^^” (super stupid->otak udah ga jalan kebanyakan nonton film holliwood kale…)

  43. #69 by Yeni on 3 Maret 2009 - 13:32

    Yah terserah deh.. Gw ngkutin perkembangan aja dri pda pusing mikirin bangsa yg udh punah.he…

  44. #70 by Helena on 9 Maret 2009 - 07:40

    mungkin aja mereka itu punah karena perubahan global yg drastis jadinya mereka merasa terusik,terus pindah ke tepat y gentah berabtah di belahan amerika,,perhaps,,

  45. #71 by edy pangestu on 9 Maret 2009 - 14:40

    Aku pikir mungkin mereka pada zaman itu sudah bisa berhubungan dengan mahkluk asing dari planet lain diluar bumi. Soalnya mereka sudah memiliki pengetahuan yang begitu tinggi dan sangat tak masuk akal kalau pada zaman itu mereka bisa membuat bangunan serta ber-pengetahuan yang luar biasa. Dan mungkin pada waktu itu mereka mengalami suatu bencana alam yang sangat besar dan mereka bukan menghilang / punah, tetapi mereka “diselamatkan / diambil” oleh mahkluk luar angkasa. Dan mereka sengaja meninggalkan peradaban / catatan mereka untuk manuasia yang akan datang seperti kita-kita ini dan mereka bukan meramal mengenai dunia pada 21 Desember 2012, tetapi mereka sudah tahu atau diberitahukan oleh mahkluk luar angkasa yang memiliki mesin waktu akan terjadi bencana besar lagi. Bencana ini terjadi juga karena zaman sekarang sudah banyak manusia yang tidak ber-moral dan kkn dimana2. Tetapi semua ini hanya pikiran dari aku aja, terserah mau percaya apa ngak.

  46. #72 by iQram on 13 Maret 2009 - 10:23

    suku maya sudah berevolusi menjadi computer,.
    dia berteman bersama kita,kita sekarang berada di dunia nya maya,
    maya baik yaaa..? ? ?

  47. #73 by susanto on 15 Maret 2009 - 13:05

    kalau menurut gue ndak mungkin mereka mati karena perubahan iklim seperti itu, karena iklim tata surya saja mereka sudah mengerti sampai silkusnya meteor/benda yang ribuan tahun sudah tercatat rapi, mungkin mereka pindah karena perubahan iklim itu tapi bukan musnah atau mati, perlu pencarian lebih lanjut

    • #74 by mkp on 21 Juni 2009 - 15:36

      hehe… menarik yah bahasannya
      ndak habis2 klo dibahas…
      para ilmuwan aja ndak habis2 menelitinya…
      yg jelas sih menurutku.. sepertinya selalu ada “missing link” antara satu peradaban dgn peradaban lain… itu misteri bumi ini.. dan itu yg dicari2 para ilmuwan.. dan mungkin akan selalu menjadi misteri… klo sampe tau.. mungkin itu bakal kiamat benran… hahay… biarlah yg gaib hanya Dia yang tau… wallahualam

  48. #75 by DENI on 16 Maret 2009 - 04:43

    mungkin suku maya sedang jalan2 ke luar angkasa, trus ngk tau jalan pulang kebumi,ato kehabisan tiket x buat pulang ke bumi so… mereka kesasar dech di luar angkasa sana…..
    coba mtk tlong ma NASA ja bwt nyari suku maya diluar angkasa, cpa tw ktmu………

  49. #76 by screamo on 18 Maret 2009 - 08:23

    wew-
    suku maya mkn org gak si
    kn ad tmn sk maya nmnya sk mey chan
    gw ykn sk my msh hidup
    coz baru2 ni kn mereka ngomong bahwa
    2012 kiamat
    tp semuanya cm allah yg tau

  50. #77 by immanda on 21 Maret 2009 - 04:53

    mereka adalah suku yang paling cerdas dan canggih dimasanya. Kalau mereka tau hand phone jaman sekarang berkamera, 3G,ato bisa internet kaya punya elo2 itu………, mereka akan bilang itu sih barang jaman batunya mereka………..mereka bisa berinteraksi dan berkunjung ke planet lain dengan pesawat yang tinggal pencet satu tombol saja, dan tidak berpilot………………..kapan2 kita pasti akan menuju reinkarnasi seperti masanya suku maya ini…suatu saat nanti…….

    • #78 by ruedye on 6 April 2011 - 03:23

      mungkin emang ilang g2 aj,,,di laknat kali ma Allah,,kan uda saking pintarnya n ud ampek bisa buat apa” sendiri,,,jadi aku rasa ,,mereka ilang karna teknologi mereka sendiri,,kan katanya mereka bisa kemana” tanpa jalan ,,karna mereka punya alt yang sangat suppper canggih tersebut,,,,tq,,tu pendapat akuw,,,,

  51. #79 by norman on 30 Maret 2009 - 15:30

    dunia ini makin lama,, makin kecil. kiamat sdh dekat,,lo.. perairan akan lebih banyak daripada daratan. sekali stunami abizzzz..

  52. #80 by datapu on 2 April 2009 - 06:32

    Dari cerita dan kutipan diatas.selintas yang jadi pikiran saya masa ko bisa seandai nya bangsa maya dengan kebudayaan yang begitu pesat tidak bisa berpikir maju karena iklim yang terjadi….ya aneh juga sich orang eskimo aja bisa tinggal dikutub dengan keterbatasan mereka…bangsa maya adalah bangsa yang maju dengan kebudayaan dan hasil peninggalan yang boleh dikatakan pesat….mungkin kah..?

  53. #81 by nuhe on 3 April 2009 - 17:40

    ada yang tau komplit tentang sejarah kerajaan di indonesia??
    ada yang tau komplit tentang sejarah para wali?
    ada yang tau komplit sejarah abbasiya, umayah, turki usmani, trus mundur digantikan oleh colombus einstein dkk sampai sekarang??
    sumpah kalo lo pada tau.. lo bener2 bakal ngeliat apa itu sejarah…

  54. #82 by harizc on 7 April 2009 - 05:37

    aneh ya
    mungkin mereka berangkat menjadi TKW/P

  55. #83 by soulchild.diza on 9 April 2009 - 07:47

    gw tetep masih aneh sama peradaban Maya n Aztec terhadap peradaban Atlantis.
    banyak kesamaan2 yg tetep masi gw curigai.

    1. Piramid bangsa Aztec n Maya, kalo kata gw, arsitektur nya campuran dari Piramid Mesir + Arsitektur Atlantis..
    (Atlantis pernah menguasai beberapa wilayah, diantaranya Mesir. tetapi sejak bangsa Atlantis hendak merebut Yunani, mereka tidak sanggup dan akhir nya pulau Atlantis tsb tenggelam dalam wktu 1 hari 1 malam…)

    Kasi gw sanggahan atau tambahan apa lah.. plis..
    thx b4

  56. #84 by jund on 11 April 2009 - 01:59

    suku maya ya?…………..keluargaku ada yang berasal dari suku maya …jadi aq tau lah dimana letaknya …. dulu waktu aq menjelajah di sana aq menemukan dompet beserta KTP nya ya itu saudara aq.T_T

  57. #85 by mau tau aja on 11 April 2009 - 04:18

    sebenarnya suku maya itu kemana sich….?????
    masa gitu aja ninggalin peradaban mereka…….?????

    mungkin mereka tau kalau dunia akan kiamat
    makanya dia pindah ke galaksi lain

    MUNGKIN…..????

  58. #86 by salamx. on 14 April 2009 - 06:19

    maya=penuh misteri juga ya..kita selalu menebak2…
    mungkin inilah hidup
    ada yang masuk ada yg keluar
    ada yang tumbuh ada yang mati
    ada yang basah ada yang kering
    tapi kita harus tetap yakin ada nya semua ini…

  59. #87 by oon on 22 April 2009 - 11:49

    ga ngerti.??????????????????????????????????

  60. #88 by ristinikov on 25 April 2009 - 04:48

    setiap umat mempunyai masanya sendiri-sendiri

  61. #89 by ahmad on 28 April 2009 - 10:19

    kalau tengkorak cristal di kumpulkan jmlnya 13 maka akan terkuak mistery suku maya..cristal scul gitu looo.

    • #90 by mkp on 21 Juni 2009 - 15:37

      ini kek di film apa yah.. lupa…
      oh indiana jones klo ngga salah.. ttg ngumpulin tengkorak2…

    • #91 by Rhesa on 10 Juli 2009 - 09:40

      mungkin aja suku maya punah karena kebanyakan mikir masa depan..Makanya nasehat dari gw LO lo smua ga usa mikirin yg aneh2 kaya gini daripada lo lo smua mokad punah kaya suku maya..tolol lo!!!

    • #92 by hilda on 1 Oktober 2009 - 10:19

      no coment

    • #93 by WOWOK on 11 Oktober 2009 - 13:24

      katanya suku maya munguap semua alias hilang entah kemna. Tapi kok ada yang pandai baca tilisan maya ya ya. yang nagajari . . . belgedes. Rekayasa aja. Untuk cerita nina bobok.

  62. #94 by jontit on 11 Mei 2009 - 17:20

    maya adalah selinguhanku waktu smp

  63. #95 by Cute_santa on 13 Mei 2009 - 04:28

    apa bnar mereka tau tntang masa dpn???

    and ko bsa ya mereka meramalkan tntng “nibiru”????????????????

  64. #96 by Hond on 16 Mei 2009 - 16:02

    Jgn2 suku maya lg liburan, n lum mudik.

  65. #97 by raisha on 18 Mei 2009 - 04:41

    nama saya raisha saya sangat penasaran dengan suku maya
    apakah mereka benar2 ada dan bagaimana dia bisa masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia
    bagaimana suku maya memrediksikan hal-hal yang sangat di luar akal pikiran…..

  66. #98 by wily on 20 Mei 2009 - 13:41

    mengapa apabila suku maya bisa meramalkan sampai 20012 mengapa mereka tidak bisa mempersiapkan sesuatu sebelum terjadinya bencana….., apakah kesimpulan tersebut
    kurang tepat

  67. #99 by M.Fahmy.A on 1 Juni 2009 - 11:31

    Memang pada tahun 3113SM-2012M akan terjadi ke akhiran dunia????
    Nah , itu menunjukan bahwa suku maya sudah ada pada thn 3113SM.
    Mungkin aja ada pembantaian suku tersebut karena di blg sesat oleh dunia???
    yah…Kun fa ya kun !!!
    apa yg gak bsa terjadi kan terjadi!!!!
    mo diapain lgi kan??

  68. #100 by Prabowo on 13 Juni 2009 - 06:07

    mungkin hal itu benar.. namun mungkun juga tidak
    apapun itu, sejarah adalah masa lalu yang harus
    kita ketahui dan kita pahami untuk melanjutkan
    tradisi dan sejarah itu kejenjang yang lebih baikk
    cheeerss…..

  69. #101 by The sith luck on 14 Juni 2009 - 11:57

    suku maya ?
    hilang di telan bumi X….he..he..he

  70. #102 by andini on 21 Juni 2009 - 13:37

    kok kayaknya kurang masuk akal sih? 1 bangsa bisa hilang karena perubahan iklim. ditemukan gak jasadnya? mmm.. mungkin juga loh mereka pindah ke mars atau galaksi lain gitu. kalau dihubungkan dengan isu ada lubang besar misterius di galaksi bima sakti sama kemungkinan adanya peradaban di mars

  71. #103 by DIAZ on 23 Juni 2009 - 03:09

    KALAU MENURUT SY KALI SUKU MAYA HILANG DI TELAN BUMI KRN ESERAKAHAN RAJA.

  72. #104 by zahdan on 24 Juni 2009 - 04:06

    allah lah yang menentukan segalanya…………………..

    kita cuma berusaha semaksimal mungkin melakukan yang terbaik……………

    janagn percaya tahayul kyak gitu…………

    percayalah hanya kepada
    “ALLAH SWT”

    tp aku ska bc yang kyk gtuan………..

    bisa menambah wawasan

  73. #105 by xaendy on 27 Juni 2009 - 04:01

    berarti suku maya itu gx hebat masa cuma dengan perubahan iklim aja mereka hilang berarti gx ada adaptasi pada lingkungannya

  74. #106 by iwan on 2 Juli 2009 - 08:35

    setahuku suku maya tuh udah dbantai ma hernan cortes dari sepanyol sekitar abad 1200an.

  75. #107 by Bingung on 5 Juli 2009 - 12:45

    Aq mash bingung nie….

  76. #108 by Lifinda Prinse Maruli on 9 Juli 2009 - 05:23

    sejarah adalah makanan untuk otak bagi pribadi yang punya rasa menghargai dan ingin terus belajar . dari sejarah banyak yang dapat diambil, entah ilmu atau tekhnologi ataupun pengalaman dan kejadian yang pernah terjadi sebagai hikmah yang dpat diambil. jika benar suku maya suku yang maju peradaban nya gag salah dong kita tahu mengapa mereka bisa begiru maju dan kita toidak???tapi tetap dengan iman kita kepada allah SWT

  77. #109 by yogi on 14 Juli 2009 - 11:20

    hmmm saya merasa sangat tertarik dgn artikel semacam ini,tolong kalo ad kirim, ke email sya..

    1. Sya juga mau tanya,emank suku maya asli tok,msh ad???
    2.(kalo masih ad suku maya),knp gx lgsung tanya jawab, or wawancara dengan suku maya tersebut???

  78. #110 by xxx on 3 Agustus 2009 - 05:29

    suku maya masih hidup !
    mereka ada disuatu tempat,
    dan mereka mempunyai mesin waktu!
    mereka bisa pergi keabad mana saja.

  79. #111 by nani on 12 Agustus 2009 - 17:33

    hmmm iy suku maya itu emang misterius banget malah waktu diteliti di goa yang pernah di singgahi atau dihuni di daerah pemukiman suku maya katanya di situ ditemuin ukiran pesawat helikopter lalu ufo dipercaya itu adalah ukiran suku maya tentang prediksi kemajuan teknologi
    wah serem juga ya hahaha…..

  80. #112 by abdurrohman on 14 Agustus 2009 - 07:23

    apaAN tuH suku maya? emang ga’ bsa diliat koq pke’ nama MAYA segala?

  81. #113 by deva on 15 Agustus 2009 - 07:00

    mungkin suku maya hilang karena di tempat mereka tinggal nggak ada pizza, burger, pasta

  82. #114 by kelvin on 18 Agustus 2009 - 05:28

    menurut aq pernyataan itu benar tapi kita tidak
    boleh tergantung pada itu kita perbanyak aja
    berbuat baik.
    aku mempunyai catatan tentang kehidupan
    suku maya. dan yang ada di sana itu benar
    bahwa kalender suku maya hanya sampai tahun
    2012 saja

  83. #115 by cazpirant on 26 Agustus 2009 - 03:12

    halah hal ini kan pernah terjadi…
    makanya banyak mengaji Qur’an dah Hadits..
    bagaimana ALLOH menyiksa qoum2 terdahulu…
    seperti Qoum Luth dsb….

  84. #116 by onk GTR on 26 Agustus 2009 - 09:49

    bgus bgt infona..,
    jd makin pnsaran sm suku maya..,

  85. #117 by ocim on 26 Agustus 2009 - 13:37

    jadi penasaran neh…

  86. #118 by ocim on 26 Agustus 2009 - 13:43

    walaupun crystal scl( kaya dragon ball aja…)gw ga yakin bisa terungkap, apa lg skr crystal scl dah banyak duplikatnya…bisa2 yang asli udah ketuker2…

  87. #119 by indah saruinsong on 27 Agustus 2009 - 06:48

    waaahh…keren yaaa..klw tiba2 suku maya ternyata msh ada….

  88. #120 by dhiarholic on 3 September 2009 - 01:52

    hnya tuhan yg sa menentukan kpan kiamat akn dtg kta sbg org muslim hrus mempercayai akan hal itu ,,,,
    insya allah dgn bertawakal n’bErdoa kpda allah pst kta tdk akn mrasakan kiamad yg sngt perih itu …. semoga kita salah org_nya ,,,, AMieEEEEN

  89. #121 by Rd0oo on 6 September 2009 - 10:43

    SaYa rSa tDk mN9kn lh pRbHn iKliM kRn sB9 sUKu y9 tLaH d KnaL mJu pStI mRk Men9EtHuI tT9 iKliM j9 tEntU nya..m9kN aJ mRk sEn9aJa mEn9hIlaN9 at0 dIhIlAn9kN….
    HaNyA ALLAH y9 mAHa taHU….

  90. #122 by lapox on 7 September 2009 - 09:34

    syukurlah tidak menambah materi ips sejarah

    ^^

  91. #123 by tres on 7 September 2009 - 14:27

    di negara kami ada yang namanya sisliwangi, juga hilang begitu saja, karena mereka hijrah ke alam jan banujan seperti leluhurnya yaitu sayid Anwar atau sanghyang Nur Cahya, putra kedua Nabi Sis, putra nya nabi Adam yg ke 7, nah keturunannya menyebar di seluruh dunia dan menjadi raja2 yg sakti, sedangkan saudaranya sayid anwar adalah sayid anwas, menurunkan para nabi dari Nabi Ibrahim sampai nabi Muhammad saw.

  92. #124 by ////////////???????? on 9 September 2009 - 08:26

    lalu sebenarnya suku mayathuh kaya aph eah? apa kaya yang di film2 bangsa indian kuno yang primitif?
    jadi penasaran

  93. #125 by Adam on 10 September 2009 - 13:26

    Apakah suku maya itu, orang yg lbh taw akn brakirnx dunia?

  94. #126 by Ken on 13 September 2009 - 11:04

    Mk’n Z mrka Tu dH Bzan Tgl d stu,kRNa kKRng’N MKn’n lalU mti D pJl’N MkaX mRka NGlng gtu Z.

  95. #127 by mesin jhait on 14 September 2009 - 17:10

    klo boleh usul,kisahnya lebih lengkap lg, asik tuh bos,,

  96. #128 by Pinuzt phe on 15 September 2009 - 16:36

    Andai aja ramalan 2012 tuh bener.. Kita uda pada siap blm neh? Kurang 3thn lg lho.. Jawaban ada pada diri kita.. Deket2 aja deh,ama yg ngasih napas..

  97. #129 by Agust on 22 September 2009 - 02:45

    M4nk ky 9tho y4ch

  98. #130 by bajak laut on 23 September 2009 - 06:18

    huaaammmmm…. lieur…

    tp, sumpah suku maya keren berat!!! pas liat di traesure seekers… peradaban’a tntng kalender jg maya mah pnya bnyak… aich.. maya i love u dwh…

    heheheheeee…

    sesaaat$$$

  99. #131 by Tonji_antro02 on 26 September 2009 - 07:42

    Punahnya suku maya disebabkan karena pengetahuan mereka sendiri dlam meramal.
    Kemungkinan suku maya tahu bahwa kehidupan manusia mendatang akan semakin buruk.
    Mereka juga paham karena tidak ada hal baru didunia ini.Oleh karena peradaban mereka sudah maju dan tidak ada lagi yang mereka cari.Pada akhirnya mereka mencari pembaruan dalam menjalin hubungan dengan Tuhan atau mahadewa mereka.
    Oleh karena hubungan ini maka mereka tidak membangun peradaban material tetapi membangun peradaban spiritual yang tidak mewujudkan bentuk kebudayaan materi.
    Karena itu jejaknya tidak dtemukan lagi setelah peradaban mereka yang maju.

  100. #132 by mastoro on 27 September 2009 - 03:08

    Gak masuk akal bila suku maya yang hebat dapat musnah hanya akibat perubahan iklim. Mohon dikoreksi ulang / teliti kenbali sebab musababnya.

  101. #133 by Putri Sundari on 1 Oktober 2009 - 01:54

    trimakasih atas artikelnya, walau sedikit dapat membantu keingintahuan saya tentang suku maya, kalau bisa diperbanyak dan den diperjelas agar kami pembaca dapat lebih jauh mengenalnya tentang suku maya

  102. #134 by hilda on 1 Oktober 2009 - 10:17

    . iii wow . . .
    . what !!! .
    . suku maya ithu ndag mungkin menghilang .
    . tapi dia mumpet . .
    . hehehe :-) .
    .
    . yayaya . .
    . ak baru denger suku maya ini dari guru gku .
    . ak kira guru gku cuman ngarang ..
    . eitz . .
    . teryata ak salah .
    .
    . hehehe

  103. #135 by Dogy on 2 Oktober 2009 - 07:24

    Nice prediction,
    Tp klw teknologiny sedemikian maju mereka pasti bsa mnemukan cra bru utk brthn hdp!

  104. #136 by djaka on 2 Oktober 2009 - 07:46

    mungkin ajh mreka bersembunyi dari keramaian penduduk dunia yang ingin mengetahui keberadaan mereka,,dan nanti mereka akn muncul di waktu yang tepat

  105. #137 by god_slayer on 2 Oktober 2009 - 08:14

    lah nglombo anu omonge sapa sich !!! kokk bisa ngerti urip nang luar angkasa pa ?? jal siki meteor nang ndi galaksy ndi ?????

  106. #138 by rofi on 3 Oktober 2009 - 06:24

    he pa bener suku maya tu uda ga ad . munkin kurang serius tuk cari

  107. #139 by devi on 7 Oktober 2009 - 01:22

    qu ska ttg sjrah pa jaa,,
    tp ne lbh seru untk di terusuri,krna sku ne bsa ngrmal nsib bumi qta,
    tp sapa ya yg omg kiamt sdah dkat,pdhal sku mya uda ilang lho???

  108. #140 by arif on 8 Oktober 2009 - 06:28

    ALLAH HUALAM. .
    hilang’a suku maya untk smntra ne mgkn hnya ALLAH yg tau. .

    qt suport trz j ilmuan” dunia spya bs mnemukan k’bnran ttg SUKU MAYA it. .

  109. #141 by alam on 12 Oktober 2009 - 14:49

    posting nya dah bagus, tapi sumbernya kok g ditulis?

  110. #142 by Jamest on 14 Oktober 2009 - 14:18

    Suku yang cukup misteius…
    Terkenal dengan ramalan kiamat 2012
    Peradaban yang sangat luar biasa, dijelaskan dengan sistim penaggalan yang sempurna.
    Kita lihat keepannya seperti apa yang akan terjadi.

  111. #143 by artha on 15 Oktober 2009 - 12:07

    hilangnya suku maya merupakan suatu peristiwa yang pasti patut dan harus dicatat dalam sejarah dunia….suku maya punah mungkin karena penduduknya migrasi ketempat lain yang diakibatkan daerah tersebut sudah tidak layak ditempati, ya seperti manusia purba yang hidupnya nomadent….mungkin

  112. #144 by ari on 19 Oktober 2009 - 11:32

    ah tenane, ngapusi

  113. #145 by yga on 21 Oktober 2009 - 03:47

    mungkn aja
    mreka sembunyi disuatu tmpat yang kta gag tw
    dan mreka akan keluar di saat mreka tw bahwa dunia ini sudah tidak aman lagi

  114. #146 by HAmindaLID on 24 Oktober 2009 - 13:02

    coba d MISS CALL aja

  115. #147 by tya on 26 Oktober 2009 - 13:31

    thx atas infonya,keren bgt. . .

  116. #148 by Adi on 29 Oktober 2009 - 04:22

    Suku maya itu masih ada!!! Cuma masalahnya seiring dg perkembangan pers yg kian cpat jd mreka memilih untuk mengasingkan diri,jadwal mereka padat,dan yg paling penting adl mereka tidak suka muncul di infotainment! Tkut d gosipin. Wkwkwk…

  117. #149 by dodie on 29 Oktober 2009 - 04:49

    MUSTAHL . . . . . .

  118. #150 by vytha on 29 Oktober 2009 - 06:54

    hem…kenapa kalo udah bcara tentang peradaban kuno ,,
    langsung menhipnotis ketertarikan saya ya…
    papalg skrg suku maya lg jd prdebatan besar aroun the world..
    jd pngen tau lbh bnyak…

  119. #151 by aryoperdana,m.nino on 29 Oktober 2009 - 13:14

    hilangnya peningalan asuku maya berada dalam dimensi alam lain yg di sebut pembagian alam titik hitam//putar giling

  120. #152 by Indra D'maya on 29 Oktober 2009 - 15:27

    Suku Maya keren bgt dah.Aq pngen k0k jd suku maya. . . Hahaha

  121. #153 by rendry on 31 Oktober 2009 - 09:07

    kalo menurut gw suku maya sebenarnya masih ada tapi mereka sering berpindah2 lokasi….salah satu tempat tujuan favorit mereka adalah indonesia….itu terbukti karena ada banyak suku maya di indonesia seperti maya estianti, ira maya sopha, dan masih banyak maya lainnya……ckckckckckc

  122. #154 by evaliyaniikeburhan on 3 November 2009 - 05:04

    apa suku maya tuh orang,,tau bentuk laen nya???

  123. #155 by Hakim on 4 November 2009 - 07:30

    Namanya aja suku Maya alias suku gak Jelas.
    ngapain dicari-cari.
    Kisah Maya sama kayak Yahudi.
    Yahudi dulu banyak tinggal di jerman, lalu diusir sama hitler, sampe2 tuh suku yahudi hilang dari peradaban..
    Begitu juga suku maya, siapa tau tuh semuanya diusir sama pemerintah amerika itu sendiri..
    hohoho..

    Tapi tenang aja pastinya suku maya diketemukan lg kok sama seperti suku yahudi..
    yang tiba2 ada di tanah Palestine.
    ahahaha…

  124. #156 by titius on 8 November 2009 - 02:15

    menurut pendapat kami suku maya hilang karena adanya evolusi alam seperti halnya , hilangnya kerajaan maja pahit di Indonesia kerajaan yang begitu besar megah, tapi hilang lenyap di telan bumi, atau mungkin karena bencana alam, yang mengilangkan semua peradapan suku maya

  125. #157 by adi on 8 November 2009 - 04:49

    wi……
    tp moga aj ramalanny mereka salah

  126. #158 by uthybrenseck on 8 November 2009 - 04:54

    MNRUT GUE,..BANGSA MAYA HABIS KARNA PADA DI TUMBAL SMUA BUAT NURUNIN HUJAN,..SBAB MEREKA KAN MENGALAMI MASA PACEKLIK,…HUJAN GAK PERNAH TURUN,..JADI MRKA NGADAIN ACAARA TUMBALAN AKBAR,…dan yang lain mati karna dimakan usia,..sbab yang numbal para tetuah adat yang beumur ratusan tahun,….wkwkwkwkwkw……asal

    • #159 by uthybrenseck on 8 November 2009 - 04:58

      yaiyalah mreka ilang,..karna pada di tumbal smua,….

  127. #160 by DHANAR on 8 November 2009 - 05:56

    masuk akal,n buat kalian yg menyanggah,kalian terlalu sombong,bukannya dg kepandaian setinggi itu justru bs membuat org2 jd lupa daratan,dan bangsa maya akhirnya jg lupa bahwa tidak semua yg ada di alam bs diperhitungkan,mereka lupa memikirkan bhw musim kemarau pun kadang2 bs amat panjang.

  128. #161 by obi on 10 November 2009 - 03:27

    oooooo….jd suku maya tu It0hhhh

  129. #162 by zery on 10 November 2009 - 13:27

    wiiiiih…seram juga ya…..trus gimana dengan ramalan 2012..apakah benar

  130. #163 by Rara on 12 November 2009 - 14:54

    Aneh, knp bngsa maya tidak bisa meramalkan kalo mrk akan punah krn iklm dan perubhn laen, bukany kalo mrk bs mermlkan itu,mrk akan berusha mengantisipasi ny,dg membuat lumbung/membuat persdiaan makanan

  131. #164 by saluddin on 13 November 2009 - 03:11

    ”??????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!”bosan.

  132. #165 by rivolino on 14 November 2009 - 04:22

    menurut saya,suku maya hilang setela terjadi nya patahan lembah atau keruntuhan daratan.

  133. #166 by Freddy Lingga on 14 November 2009 - 05:54

    Mungkin aja suku Maya tdk punah,tapi pindah ke Indonesia,buktinya di negeri kita ini ada mama Maya……ha ha ha

  134. #167 by isabell nasutiom on 14 November 2009 - 17:25

    hem masuk akal juga tapi masa ga ada salah satu keturunan suka maya yg selamat sih???

  135. #168 by Ody on 15 November 2009 - 11:42

    Peradaban suku maya memang menarik untuk di ikuti….bahkan dari SMP gue antusias bgt tntang storys from suku maya…..pokoke asik dah

  136. #169 by Jolly on 15 November 2009 - 16:49

    Berani-beraninya memprediksi Qiyamat…..
    eling……kita ini siapa to ?

  137. #170 by Ayu on 16 November 2009 - 02:11

    Suku maya ini pada jaman itu sudah bisa berfikiran maju. Seandainya ada satau orang yang masih hidup, sangat berguna bagi perkembangan teknologi sekarang :)

  138. #171 by pecinta sejarah on 16 November 2009 - 07:14

    kemungkinan suku maya hilang krna perubahan
    iklim ???????? bner g tuh .. krna saya bner” mu
    tau dgn PASTI, knpa suku maya HILANG.

  139. #172 by zeldi raditya on 17 November 2009 - 01:53

    kalau menurut saya sih suku maya tu udh benar2 punah n tidk ada lgi yg tersisa

    • #173 by M.MIRZA FAHMI on 7 Februari 2010 - 16:02

      kalau seandainya suku maya bener2 ilank….
      bagaimana periode berikutnya seperti yang telah berakhir pada 2012????????

  140. #174 by brilly jackson on 17 November 2009 - 12:10

    aduh… lebih baik jangan percaya ama yg gituan deh. Kan yg Maha Tau cuma yg diatas!! muka dan otak bangsa maya itu aja ga tau gimana! Klo menurut w, ilangnya suku maya itu karena TAKDIR!! apa bangsa Sumeria yg kena air bah itu juga ilang gara2 air bah itu trus si luna maya itu kena getahnya? Kta juga tak tau!!! Tobat aja deh lu pada!!! kasian tuh luna maya disalahin infotaiment Gara2 ramalannya salah besar!!!!!!!

  141. #175 by chanthick on 18 November 2009 - 14:15

    aku rasa mereka tidak punah tapi berbaur dengan masyarakat sekitar, tp mereka dah gak sadar kalau mereka tuh bagian dari suku maya…^_^

  142. #176 by Andi tessa merza dinda on 19 November 2009 - 17:48

    Gw cma blang Allah maha tau..walaupun kta ngrasa tau tpi blum tntu yg kta tau itu bner..aztec,mu,atlantis,brmuda,maya hmm ???

  143. #177 by Andi tessa merza dinda on 19 November 2009 - 17:55

    Gw cma bsa blang Allah maha tau..wlaupun kta ngrasa tau blum tntu yg kta thu it bner..
    Aztec, atlantis, mu, bermuda, maya, hmm ???

  144. #178 by gina on 20 November 2009 - 09:38

    dUuuuhhh ….

    keMana mereka yaaa ….

    jangan2 orng yg dekat ma kita salah satu dari mereka ,,,,

    pengen siih ketemu ,,, soalnya mau tau juga gimana siihh culture mereka …

    hehehe

  145. #179 by Rahma on 21 November 2009 - 04:55

    Wah,ngeri jg yah…
    Klw skt Maya sdh ktmu sm alien…
    Pst akn bntrok,krn bxk skali prbdaan…
    Mank 2h sku maia TJ (TIDAK JELAS)

  146. #180 by ujek... on 22 November 2009 - 13:31

    beh…..very2 ajib….

  147. #181 by I Wayan Efayana on 23 November 2009 - 05:21

    MUNGKIN SAJA SUKU MAYA MUSNAH KARENA TERTIMPA GEMPA YANG DAHSYAT

  148. #182 by Dhanie on 24 November 2009 - 01:51

    Duh ga ngerti……

    sebenernya suku maya tuh suku asli apa???
    trus knp ada kepercayaan yang kyak gitu di suku maya….

  149. #183 by ujang_bmth on 24 November 2009 - 21:17

    menurut qu suku maya adlh suku yg modern n maju, “modern n maju disini bkan brarti mereka lebih modern dari kita,” mereka lbih modern bila d’bndingkan dgn bangsa-bangsa lain pd zaman’ny, ttapi ilmu perbintangan mereka sdah sangat maju…kalau soal kpunahan’ny, mnurut qu spertinya krna dampak kdatangan orng-orng eropa yg memicu perang berkpanjangan n trjadi’ny p’kawinan campur antra orng-orng suku maya asli dgn orng-orng eropa yg smakin banyak mnetap d wilayah amerika n mmbuat populasi suku maya mnurun, bila p’kawinan campur ini trus b’lanjut maka kcendrungan garis kturunan orng-orng maya akan hilang krna scara genetik’ny sudah trcampur oleh orng-orng asing dan bkan orng asli suku maya lg…
    kalau mnurut logika qu sih bgitu, mngkin tman-tman kalau ada pnjlasan yg lbih masuk akal lg boleh d’tambahkan…

  150. #184 by Ahmad on 27 November 2009 - 09:25

    yang jelas perbaiki amal. untuk apa pusing2 mikirin suku maya? mending mikir bagaimana nasib kita di kubur, di mahsyar, di shirat, dan di akhirat nanti. coba baca berita2 akhirat, pasti akan kalian temui hal2 yang lebih dahsyat dari suku maya, 2012 atau apa lah. OK! Jaga sholat 5 waktu (syukur2 jamaah), kurangi maksiat, banyak2 doa. yang menciptakan alam semesta ini Allah, yang menghidupkan kita Allah, yang mematikan kita Allah? kenapa kita lebih percaya dengan orang2 barat?

  151. #185 by gembyok on 27 November 2009 - 18:08

    terimakasih telah diizinkan menulis.
    kalau menurut saya.
    yang dapat saya simpulkan dari perbincangan teman-teman dsini ada beberapa hal yaitu suku maya adalah suku yang cerdas, suku maya adalah suku yang lebih dulu menguasai ilmu yang dikuasai manusia sekarang, suku maya adalah suku yang punya teknologi canggih, suku maya punya kalender kejadian yang akurat.
    jadi dari beberapa kesimpulan tersebut ada beberapa kemungkinan yang mau saya kemukakan yaitu tidak mungkin suku maya punah oleh karena perubahan iklim, penyakit dan sebagainya. yang kedua adalah kemungkinan suku maya berpindah entah kemana karena petunjuk dari kalendernya dan karena suku maya sudah mengetahui ilmu alam ini lebih dulu dibanding manusia.
    terima kasih.

    • #186 by AkIndra on 30 Januari 2010 - 17:52

      berpeganglah pada Al,kitab dan hadis,agar kita seemua tenang karna hari akhir yg di janjikan Allah itu pasti datang

    • #187 by himawan on 1 Februari 2010 - 11:35

      Walau mereka ( Suku Maya ) sudah pergi, tapi mereka meninggalkan dua warisan yang sekarang kita bisa nikmati yaitu :
      1. Dunia Maya
      2. Luna Maya

      wakkakakakkkkk

    • #188 by mmmm... on 7 Februari 2010 - 11:04

      mnkin suku maya tuh bkn manusia…MUNGKIN….MUNGKIN….
      Dan kalender suku Maya yang hanya sampe thn 2012 tuh bukan ramalan suku maya akan kiamat.melainkan suku maya hanya bisa meramal sampai thn tu saja.Krna yg tahu datangnya kiamat khan hanya Tuhan…

    • #189 by dHeandRa on 27 Maret 2010 - 03:30

      kyanya mustahil baneud klo suku maya hilang karena pengaruh iklim,
      masa bangsa yg peradabannya udah maju n bisa ngeramal jauh ribuan tahun sampe ke masa depan ga bisa memperhitungkan bencana yg akan terjadi sama suku bangsanya sendiri c?
      paling juga suku maya tuh udah nemuin galaksi lain selain bima sakti karena ngrasa bumi udah ga nyaman untuk ditinggalin,
      ato mungkin aja mereka itu suku bangsa dari masa depan yang mencoba memberikan pesan kepada umat manusia pada masanya akan apa yang terjadi pada bumi ini,sebelum bumi mengalami kehancuran,
      ato mungkin kepala sukunya males ngitung kalender sampe tahun 2013 dan seterusnya, orang ngitung sampe tahun 2012 aja udah cape,
      yaah namanya juga orang ga ada yg taw lah apa yg terjadi,
      gw c berharap walaupun bumi nantinya mengalami kehancuran ato manusia akan punah gw berharap aja pada saat itu terjadi semua dosa dosa manusia diampuni n segala halhal yang masih misterius di muka bumi ini dapat terjawab….

    • #190 by agung on 24 Juni 2010 - 17:54

      kalo menurut aku, suku maya menhilang di sebabkan adanya perubahan iklim yg sangat besar yg menyebabkan kepunuhan hingga menghilang tanpa ada jejak yg tertinggal…
      kalo masalh perpindahan ke luar angkasa hal itu saya rasa sangat tidak mungkin terjadi karna kita tahu pada saat itu blom ada sama teknologi yg memungkinkan dapat melakukan perpindaha seperti itu, ini menurut saya yah teman teman hhe

  152. #191 by ulle on 30 November 2009 - 05:07

    mantap

  153. #192 by ananda dsk on 1 Desember 2009 - 13:32

    mungkin suku maya tau bahwa mereka harus hilang dari peradaban karena mereka udah terlalu banyak tau soal kapan bumi ini akan rusak akibat memasuki daerah phroton maka mereka meninggalkan peradaban mereka yang udah segitu majunya
    tapi aku masih binggung kenapa suku maya harus pergi padahal dia bisa membantu orang dimasa depan
    apa benar tulisan buku di perpustakaan suku maya dibakar tentara spanyol….?
    sehingga suku maya udah ga bisa bantu kita lagi dengan peninggalannya

  154. #193 by sandylyberty on 2 Desember 2009 - 05:03

    suku maya lagi balik ama nyokapnya yg brnama maya
    whahahaha

  155. #194 by tria on 3 Desember 2009 - 03:20

    oh gitu

  156. #195 by budi jamil on 3 Desember 2009 - 18:33

    lha……… dipikir temen,bngsa maya kue wis pada update mring indonesia!jre arep alih profesi dadi bakul pulsa,setelah sukses buka usaha kalender…….!!!!!

  157. #196 by Siska Kiki Yuliasari on 10 Desember 2009 - 01:51

    you magic

  158. #197 by Osama bin Titan on 11 Desember 2009 - 04:50

    Film 2012 adalah film yang diinspirasikan pembuatannya dari ramalan suku bangsa Maya. Namun lebih jauh pihak produsen film lebih mengarahkan ramalan tersebut pada kejadian kiamat sebagian umat manusia di bumi. Jadi masih ada manusia yang bisa hidup. Padahal kiamat yangsesungguhnya dalam Al-Quran adalah tamatnya semua kehidupan dunia dari manusia, binatang, tumbuhan bahkan materi. Do you believe it, guys ?

  159. #198 by Danta on 16 Desember 2009 - 03:04

    Suku maya dibawa sama kinikuman sama temennya, jiban.. payah loe pade..

  160. #199 by Rendra on 18 Desember 2009 - 02:57

    mungkin aja suku itu dikalahkan oleh suku spanish atau suku dari eropa , , mungkin saja kan ?

  161. #200 by fir on 18 Desember 2009 - 14:03

    yang jelas suku sekarang sudah dialam baqa’

  162. #201 by nova on 21 Desember 2009 - 14:18

    wah jangan2 nanti peradaban Indonesia ngilang gitu za gara2 perubahan iklim (global warming)…
    Ga mungkin klo mreka ke planet lain ato wisata lintas antar galaksi, bisa kesedot tuh ma blackhole..
    tapi capcus bwt suku maya, sekelo,pok manusia jadul tapi R U A R B I A S A
    mesir kalah dah

  163. #202 by rachman on 1 Januari 2010 - 10:50

    sudah jelas ada di dalam alQur’an yg memberitahu manusia bahwa zaman dahulu banyak kaum2,suku2,bangsa2 dgn peradaban dan ilmu pengetahuan yg tinggi yg kemudian di hancurkan dan dimusnahkan dari muka bumi karena INGKAR kepada ALLOH SWT.

  164. #203 by maya ahmad on 3 Januari 2010 - 07:03

    kalo gw sih orang goblok gak tau papa tapi boleh donk kasih koment
    he…
    mungkin ja bangsa maya pindah k planet lain khan bangsa maya terkenal sama ilmu astronominya siapa n kepinteranya
    sapa tau bangsa maya ilang n pindah k pelanet lain yang mungkin bisa di huni cz alamsemesta khan gak cuma punya 9 planet or 10 planet tapi alam semesta luas buanget..zzz n punya lebih dari 100 plelanetz
    he…. jadi alien x dia ya..?
    khan sekarang sering keliatan ada ufo
    sapa tau isinya bangsa maya yang rindu kampoeng halaman
    he.. he… he…

  165. #204 by RIAN on 7 Januari 2010 - 02:55

    thank for the information

  166. #205 by ryan on 20 Januari 2010 - 06:04

    menurut saya suku maya merupakan suku yang memiliki peradaban yang sangat tinggi karena menghasilkan bangunan yang megah

  167. #206 by Kirana on 31 Januari 2010 - 05:50

    Tambahin terus ttg Suku Maya, cuz bguna bgt !

  168. #207 by M.MIRZA FAHMI on 7 Februari 2010 - 15:54

    menurut saya mereka tidak punah…hanya menghilang untuk waktu yang lama…
    mungkin saja mereka berada dalam suatu tempat untuk berlindung dari bencana besar pada 2012 seperti yeng teleh mereke ramalkan.mereka berlindung agar suku mereka tetap hidup dan terus-menerus memikirkan atau mungkin meramalkan apa yang terjadi yang akan datang dan berusaha melindungi kehidupan mereka dari keancuran dan kepunahan.
    mybe……

  169. #208 by satria majapahit on 10 Februari 2010 - 10:21

    saya kira apa yang disampaikan teman teman ada benarnya..

  170. #209 by satria majapahit on 10 Februari 2010 - 10:32

    saya sependapat dgn teman temaan namun ingin saya tambahkan bahwa kalau dilihat dari lambang kerajaan suku maya dan kerajaan majapahit ada kemungkinan kesamaannya.. pada lambang bintang majapahit dan bintang suku maya terdiri dari 8 bintang yang melambangkan delapan arah mata angin sebagai arah untuk menentukan kalender dan perhitungan ramalan perbintangan yang dilakukan oleh kerajaan untuk meramalkan keadaan kerajaan pada saat itu dan masa depan..

  171. #210 by dafilalfadillah on 20 Februari 2010 - 20:05

    suku maya kan punya sudara di bandung,mala namanya ….jadi dia nyusul kali ya ,ke bandung ,,,,hehehehehehe .thank,mantap.

  172. #211 by fenomena on 24 Februari 2010 - 12:55

    sebenarnya bangsa maya itu ada tidak ? sya percaya tapi tidak sepenuhnya

  173. #212 by iThut on 25 Februari 2010 - 16:36

    Eemmm…brati ketika suatu kebudayaan mencapai puncak peradaban tertinggi pasti akan dihancurkan oleh yang Kuasa penyebabnya manusia sendiri. Dari artikel ini berarti Suku Maya juga terlalu mengexploitasi lahan pertania. Bagaimana dgn bumi?apakah kita sudah mencapai puncak peradaban tertinggi?Dan apakah siap untuk sihancurkan( dimurnikan kembali)karena bumi ini sudah terlalu diexploitasi?

  174. #213 by Master Awen on 9 Maret 2010 - 10:11

    klo punah mestinya ada donk peninggalan fosil dr suku maya..?

  175. #214 by marina indah on 17 Maret 2010 - 09:03

    informasi ini sangat membantu saya.akan tetapi apa mungkin suku maya punah karena perubahan iklim,apalagi mereka di kenal mempunyai kebudayaan tinggi.menurut saya itu tidak masuk akal.

  176. #215 by sukrok on 19 Maret 2010 - 19:27

    di adzab sama allah karna banyak maksiat,liataja ntar amerika jaga akan diazdab,hilang dar permukaan dunia,

  177. #216 by hera on 24 Maret 2010 - 09:32

    bisa..jadi karena iklim,tapi mungkin juga karna bencana alam misalnya.tapi sampai saat ini pun masih jadi mesteri kan…ah ngeriiiii

  178. #217 by photon on 2 April 2010 - 10:22

    apa sbenarnya yg trjadi pd suku maya
    photon

  179. #218 by photon on 2 April 2010 - 10:24

    apa sbenarnya yg trjadi pd suku maya
    knapa suku maya dihapus dr dunia ini ?pikiran mreka lbh maju ????
    photon

  180. #219 by taufik on 6 Mei 2010 - 12:27

    wah kura ngena tuh ceritanya..

  181. #220 by zulaika on 8 Mei 2010 - 03:24

    sikapi setiap penemuan dengn bijak. ambil hikmah terbaik yang bs kita lakukan untuk masa depan dengan lebih meningkatkan keimanan kita dan menghargai lingkungan dari hal2 kecil. hanya orang bijak yang menerima informasi dan menanggapinya secara positif.

  182. #221 by Chyta Vania on 15 Mei 2010 - 03:49

    hmm bisa lebih diperjelas g” sedetail munkin tentang bgemana proses hilangNya suku maya itu truz kira” mreka skrg masih ada atau tdk

  183. #222 by dadan on 31 Mei 2010 - 06:52

    yayay boleh lah

  184. #223 by dayat on 4 Juni 2010 - 07:48

    mohon diberi tahu data yang lebih detail tentang buku referensi untuk lebih mengetahui sejarah ini

  185. #224 by Dizty_Chepeuz on 16 Juni 2010 - 09:45

    mana mungkin satu suku tercerdas bisa menghilang krn perubahan iklim ?
    kita lihat saja skg AS .
    2012 msh 2 th lg,, tp mrka sudah mempersiapkan pertahanan diri sdemikian hingga.

    menurut saya suku maya itu sekumpulan suku yg mempunyai tinkat kecerdasan dan kesadaran tinggi. termasuk kecerdasan spiritualnya.
    saya pernah membaca sebuah buku psikologi manusia ttg alam bawah sadar, dimana jika kita bisa menguasai secara penuh tingkat kesadaran itu., itu adalah sebuah pengetahuan yg luar biasa hebat.ttg masa lalu, kini, dan masa depan .
    mungkin suku maya adalah org” yg termasuk dalam kategori itu.

    yg menjadi pertanyaan tetaplah bagaimana mungkin sebuah suku (BUKAN SEORANG MANUSIA)yg memiliki kecerdasan sedemikian rupa bisa menghilang begitu saja ???

    ALLAHUA’LAM…

  186. #225 by kishi on 19 Juni 2010 - 09:46

    menurut saya mungkin mereka pndah kesesuatu tempat karena akan terjadi bencana yg dasyat…

    • #226 by One Destinity on 20 November 2010 - 02:55

      klo menurut saya MUNGKIN sebelum suku maya terkena bencana seperti pada jaman dinosaurus dimna pada waktu itu semuanya hancur begitu saja oleh meteor yang jatuh ke bumi mereka pergi ke suatu tempat di luar angkasa atupun masa depan

  187. #227 by giri on 30 Juni 2010 - 11:11

    itu sangat mustahil terjadi jgnlah percaya!

    • #228 by giri on 30 Juni 2010 - 11:12

      hal ini jgnlah dipercaya karena itu tdk sesuai dgn kaedah agama

  188. #229 by hong on 5 Juli 2010 - 12:07

    mereka sebenarnya masih ada dan karena mereka telah pergi k sebuah galaksi dengan teknologi mereka yang super modern,dan tidak bisa di temukan oleh teknologi yg dibuat oleh manusia sekarang ini.

  189. #230 by Bujubune ! on 8 Juli 2010 - 09:31

    Pernahkan ente semua berfikir, bahwa kitab suci Al-Quran :

    Tidak mengatakan bahwa Nabi Adam sebagai mahluk
    pertama yang diciptakan Allah SWT di dunia ?

    Mengatakan bahwa kendaraan yang mengapung (bergerak vertikal) dan melaju (bergerak horizontal) adalah bagian dari karunia Allah SWT pada manusia yang belum seluruhnya berhasil diciptakan oleh manusia ?

    Berangkat dari sini, insya Allah kita akan sampai pada pemikiran yang logis tentang misteri keberadaan dan hilangnya suku bangsa maya ribuan tahun yang lalu.

  190. #231 by adi on 1 Agustus 2010 - 05:42

    mnrut gw,,,suku maya msi hdup tp hanta beberapa,,,,tp mreka mlu kali menyatakn bahwa leluhur mere ka tu adalah suku maya,,,,,tp konon katanya mereka mnmukan ruang waktu mkanya mereka serba tau ky doraemon,,,heheheh

  191. #232 by peyi on 10 Agustus 2010 - 13:52

    mgkn suku MAYA ketemu suku ARIEL, trus selingkuh sm suku CUTTARI jd pd ngilang deh .. buktinya di infotainment aja ga ada

    • #233 by RaBoni on 17 September 2011 - 14:31

      wah lu pam pikiran nya homes lu cacad lo

  192. #234 by amelia on 14 Agustus 2010 - 06:07

    menurut w bangsa MAYA itu punah karena ada nya perubahan iklim yg terus menerus dan banyak nya terjadi bencana sehingga mereka menjadi punah tapi bisa aja bangsa MAYA itu belum punah,mereka tinggal di suatu tempat yg tidak akan ditemukan bisa jadi di bawah sebuah bangunan/pindah ke planet lain.so yg tau keberadaan bangsa MAYA hanya TUHAN.

  193. #235 by amelia on 14 Agustus 2010 - 06:13

    menurut w suku MAYA punah kaerna terjadi nya perubahan iklim yg trs menerus tpi klo suku MAYA msh ada plng ada nya di bawah bangunan tua yg tidak berpenghuni/di planet lain

  194. #236 by Manusia_inisial_M on 20 Agustus 2010 - 10:28

    Jangan salah menurut suku Maya, dunia ni sudah berulang kali diguncang kehebohan malapeta alam yg sangat besar yg membuat dunia ni dibuat seperti baru kembali. Contoh dulu dijaman Nabi Nuh ada Banjir yg dahsyat dan menghancurkan hampir seluruh kehidupan dibumi. Mungkin saja Bumi ni sudah sempat beberapa kali mengalami pembaruan seperti itu contohnya seperti dotemukan kota di lautan China dan Jepang. dan dsitu ternyata saat diteliti teknologi yg digunakan pada jaman dahulu sangat maju. Lalu suku Maya memprediksi ditahun 2012 pun akan terjadi hal semacam itu. Dunia akan kembali dibersihkan dan memulai kehidupan baru. sebaiknya mulai dari sekarang kita harus lebih banyak beribadah agar dijauhkan dari hal tersebut.

  195. #237 by kristy on 24 Agustus 2010 - 05:03

    mungkin aja karena ganguan lingkuan itu mereka jadi kanibal trus memakan sesama gitu??? bisa nggak???
    itu c khayalan sadis aku aja…
    namanya juga khayalan…..

  196. #238 by draco on 30 Agustus 2010 - 13:03

    menurut gw sebenarnya suku maya itu adalah manusia lebih modern dari kita semua,…..mereka itu orang2 dari masa depan yg udah nemuin mesin penjelajah waktu,..mereka coba memperingatkan kita bahwa umur bumi ini cuma smp 2012….

  197. #239 by Ferry on 5 September 2010 - 16:56

    Mereka hijrah ke Lucky Plaza jualan Handphone. Karna untung nya lumayan dari pada jadi manusia primitif….

  198. #240 by ika on 21 September 2010 - 06:25

    That’s fantastic

  199. #241 by galang on 5 Oktober 2010 - 09:53

    suku maya menurut saya telah di binasakan..karna suku maya,suku yg paling keji…….

  200. #242 by Tan on 20 Oktober 2010 - 01:54

    kalau menurut saya mungkin karena bencana alam yang menyebabkan punahnya suku Maya, karena sehebat apapun manusia, Tuhan yang Empunya kehendak.

  201. #243 by Mhaya on 4 November 2010 - 14:40

    klo cma krn iklim kok peninggalannya cuma benda-benda,,, :D

  202. #244 by yanur macall punya aina on 11 November 2010 - 08:25

    suku maya pulang kampung….
    udah rindu ama ank istri ktanya???????

  203. #245 by yanur macall punya aina on 11 November 2010 - 08:36

    mungkin kah suku maya masih hidup!!!!

  204. #246 by Gali Rs on 12 November 2010 - 05:02

    wah . . .
    q ketinggalan info ya, ternyata suku maya jauh lbih mnarik dri yg q byangkan,
    jd pngen menmgtahui lbih lanjut ttg ne sku.
    n satu lg, komennya lucu2 bgt hahaha, gokil!

  205. #247 by angga on 23 November 2010 - 02:54

    yayayaya,….
    keren juga,..

  206. #248 by hasagawa on 7 Desember 2010 - 14:30

    menurut saya semua suku bangsa Indian asli amerika punah karena genosida oleh bangsa pendatang eropa .

  207. #249 by fadli on 26 Desember 2010 - 11:10

    mudah2an ja terkuak lagi sampe ke akar2 x to misteri suku maya

  208. #250 by civonk ebel on 27 Desember 2010 - 15:38

    klo mnurut simkuring mahh… bangsa maya teee,,, yaitu bangsa yg ber evolusi jd kodok.. atw jga suku maya musnah diserang ma alien kaleee… dah lahh yg jlas smua tu rahasia allah swt… kita gg ad yg twu persis tu suku maya,,kmna prginya,,brpa taon umur nyaa,,atw,,hilang atw gg nya,, kmungkinan ya bangsa may yaaa orang2 peru tu,,, kn kerajaan nya jga ada di peru,, ya pasti lah ,,orang2 peru yg sekarang,, yeuhhh kmha sihhh..

  209. #251 by denyvrancisco on 7 Januari 2011 - 05:40

    mungkin mrka pda pndah kle

  210. #252 by saddam on 12 Januari 2011 - 15:34

    mau tidak mau saya harus berkata bahwa ini memang sudah jalannya peredaran sejarah kemanusiaan. karena tidak mungkin segala sesuatu terjadi yang tidak ada pelajaran didalamnya. cuma ingin mengucapkan salut buat suku maya…….

  211. #253 by saddam on 12 Januari 2011 - 15:40

    mau tidak mau saya cuma berkata bahwa inilah perjalanan edaran sejarah kemanusiaan. tidak ada suatu kejadian yang menurut saya diluar rencana pasti penguasa alam semesta.. dengan kata lain tidak ada istilah kebetulan… cuma maw ngucapin salut buat kaum maya… mereka adalah bagian dari satu komunitas unggul pada zamannya..

  212. #254 by ita dwi modjo on 25 Januari 2011 - 06:51

    kayak om.JIN’ aja bisa ngilang..”
    …cling…”
    weghkeghkgehkhggkegg507x

  213. #255 by ita dwi modjo on 25 Januari 2011 - 06:54

    kayak om.JIN aja bisa ngilang..”

  214. #256 by mira on 28 Januari 2011 - 08:02

    klu aku sich gaak peeerrrrcyaa ma yng gitu222

  215. #257 by DEDY on 12 Februari 2011 - 17:49

    HHHHHHHHHHHHHALAH ra urusan

  216. #258 by warlover on 28 Februari 2011 - 00:40

    mungkin juga dugaan itu benar kelaparan yg melanda sangat hebat truzz pemimpinnya mati trus mereka cari lahan baru buat makan

  217. #259 by gyeifha on 8 Maret 2011 - 04:31

    misteri xlng suku maya

  218. #260 by eL_Blues on 20 Maret 2011 - 01:20

    Jangan cemas n kuatir Bung..ternyata tdk smua suku Maya punah,sekarang sdh di temukan Last Maya di Indonesia…Maya Luna namanya..yg keaslian Gen nya sdh di buktikn oleh sang Peterpan..

  219. #261 by adl on 13 April 2011 - 21:06

    suku maya hilang dari sejarah tentu ada penyebab nya. Kemungkinan besar akibat wabah penyakit dan bencana. Tantangan suku maya tlah berahir dan menyisakan tantangan bagi penurus penghuni dunia sebut saja kita. Yang tlah diramal oleh suku maya tentang tahun 2012. Lihat kejadian sekarang banyak org mati tampa sebap. Bencana dan prang.Mana tau kita ras manusia akan punah di tahun 2012 seperti yang di rasakan suku maya. Semoga saja tidak

  220. #262 by moses mostam on 13 Juni 2011 - 22:25

    suku maya itu adalah suku para pesulap dan penyihir para peramal mereka tidak hilang tapi menyembunyikan diri mereka dari keadaan dunia yg akan datang karna yg akan datang yg dulu pernah terjadi di sebut …… DEJAVU makanya mereka merahasikan itu dari dunia agar dunia ga pernah tau apa yg ter jadi di masa yg akan datang ????????? cuman saya aja yg tauuu sejarah suku maya

  221. #263 by bagus aja on 17 Juni 2011 - 03:54

    cuma dugaan aja khan…….mereka menghilang akibat wabah penyakit kolera

  222. #264 by Anggra Quinn on 18 Juni 2011 - 13:30

    untuk misteri hilangnya suku maya,,, ak ingin tahu lbh banyak lgi

  223. #265 by WAYAN on 20 Juni 2011 - 12:22

    1. KARENA TERLALU PINTAR TAKUT MENYAINGI MAKHLUK ANGKASA, LALU PARA ALIEN MENCULIK MEREKA SAMPAI HABIS……………….
    2. BISA SAJA MEREKA BUNUH DIRI MASAL AKIBAT RAMALAN YANG SESAT
    3. NAMANYA SAJA SUKU MAYA ” MAYA ARTINYA TAK TAMPAK” JANGAN 2 MEREKA DARI KELOMPOK MAKLUK HALUS SEJENIS JIN………..

  224. #266 by asenk on 24 Juni 2011 - 02:57

    mungkin ae bangsa maya hilang di culik alien,,.dan merka meninggalkan apa yang mereka tinggalkan seperti kalender,dan di dalam kalender itu bangsa maya akan kembali,.seperti yang sedang beredar,bangsa maya kembali ke bumi tahun 2012.bersama alien dan merusak bumi.,dan berkesan bumi ini akan kiamat.

    • #267 by achyatul r on 6 September 2011 - 15:35

      bisa jadi jg sperti itu,,!!!!!

    • #268 by RaBoni on 17 September 2011 - 14:29

      ih takut masa bener ada kiamat

    • #269 by costaroz on 25 Maret 2013 - 07:36

      gw suka analisa lo. nama nya saja maya.

  225. #270 by ZAK on 22 Juli 2011 - 10:28

    ^
    ^
    ^
    Mabey

  226. #271 by xxxx on 15 Agustus 2011 - 10:11

    maya kan mantan istrix ahmad dani haha

  227. #272 by Rozo789 on 6 September 2011 - 13:45

    Lagh muzmet..!!

  228. #273 by ucup on 4 Oktober 2011 - 10:10

    ra cetho

  229. #274 by adi on 10 Oktober 2011 - 10:31

    suatu saat aku yg akan mengungkap semua itu
    aku akan mnciptakan mesin ruang dan waktu.
    jadi bisa liat yg terjadi d masa lampau.

  230. #275 by galnus on 25 Oktober 2011 - 13:00

    Suku maya emang benar-benar bikin kia gila….ha…ha…ha

  231. #276 by TALIAWO on 12 Desember 2011 - 12:52

    HANYA TUHAN YANG MAHA TAHU DARI SEGALANYA
    AAMIIN

  232. #277 by bandit RCY Ebje on 15 Mei 2012 - 01:39

    di katakan di mana yang hilang atau pun ah yg jelas dan ga di pungkiri kita semua yg di masa depan dari mereka takjub dengan pintu batu yg berat nya kita tahu masih berfungsi…dengan hanya swicth kecil yg biasanya rahasia….itu saja bagaimana……di jelaskan secara aqurat….

  233. #278 by ircham on 10 November 2012 - 01:30

    Yang ada si Maya sekarang jd artis,ada Luna Maya,Maya Estianti….wakwakwakwak

  234. #279 by Ray D'sky Odiix on 10 November 2012 - 06:50

    hmm,sya ykin lo suku maya msh da di bumi nie,cm s’aat nie qt tdk tw kbrdaan mrka s’aan nie..

  235. #280 by Waw on 5 Desember 2012 - 02:48

    sekarang kalian semua yang coment d atas sudah menjadi sejarah,,, hahaha,,,

  236. #281 by mitha on 20 Desember 2012 - 11:50

    menurut saya,smua sdh d terangkn d dlm alqur’an.jd tinggal tugas qt menggali’a sja.krna mank smua dh trtera dsna.dng bissmillah smga allah swt,menunjukkan kbnaran dr smua’a.amin y robb….dn d mhon bgi yg ahli dn brbasiskn alqur’an silahkan brbagi pengetahuan’a dng smua umat agr sdkit bnyk bsa mmbantu k’ingin tahuan smua org.

  237. #282 by gcm on 22 Desember 2012 - 09:43

    eh, ini yang dibahas tentang punahnya imperium/kerajaan Maya atau punahnya suku Maya..??
    Kalo imperium/kerajaan maya, memang sudah punah..
    tapi kalo suku Maya masih ada lho.. sekitar 7 juta orang!

    http://en.wikipedia.org/wiki/Maya_peoples

    Jadi, jangan asal tulis suku Maya sudah punah karena kerajaannya sudah runtuh.
    Ini sama aja bilang suku sunda sudah punah karena kerajaan pasundan sudah runtuh.. atau suku jawa sudah punah karena kerjaan majapahit sudah runtuh…

    Please, do more research before you post..

    • #283 by bolehtau on 19 Maret 2013 - 15:22

      Ya, anda benar, terima kasih sudah mengoreksi :-)

  238. #284 by ibeth26 on 12 Mei 2013 - 07:31

    paling mati dijajah ama kolumbus.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: