Mengenal Gempa Bumi dan Tsunami

Pergerakan lempeng (sumber: tempointeraktif)Gempa bumi berkekuatan 7,9 skala richter yang melanda Sumatra pada 12 September 2007 lalu menambah panjang daftar catatan gempa besar di Indonesia. Tercatat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Indonesia telah digoyang gempa besar sebanyak 7 kali. Satu yang paling hebat adalah gempa Aceh pada 26 Desember 2004. Sebenarnya apa sih penyebab gempa bumi itu?
Ada beberapa penyebab gempa bumi. Pertama karena pergerakan magma dalam gunung berapi biasa disebut gempa vulkanik. Kedua karena pergeseran lempeng-lempeng bumi, (gempa tektonik). Ketiga karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam. Contoh kasusnya adalah Dam Karibia di Zambia, Afrika. Keempat karena injeksi atau akstraksi cairan dari dan ke dalam bumi. Contoh kasusnya biasanya terjadi pada beberapa pembangkit tenaga listrik panas bumi. Kelima, disebabkan oleh bahan peledak atau disebabkan oleh manusia (seismitas terinduksi).
Umumnya di Indonesia gempa pada dua tipe pertamalah yang banyak terjadi.

Pelepasan Tenaga
Penyebab gempa bumi yang paling sering adalah karena pergeseran lempengan bumi (Tektonik). Gempa tektonik terjadi karena gerakan dari berbagai lempengan bumi baik besar maupun kecil yang membentuk kerak bumi. Lapisan kerak bumi yang keras menjadi genting (lunak) dan akhirnya bergerak. Teori dari “Tektonik Plate” menjelaskan, bumi terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hampir sebagian besar gempa tektonik terjadi di perbatasan antara lempengan-lempengan pembentuk kerak bumi tersebut, seperti di lingkaran Pasifik.  Kegiatan zone subduksi atau area tumbukan lempeng memegang peranan hampir 50 persen dari peristiwa seismik yang terjadi. Kegiatan zone subduksi ini terkonsentrasi di daerah yang dinamakan lingkaran api (ring of fire), sebuah pita sempit yang panjangnya sekitar 38.600 km. Panjang pita ini membentang dari Selandia Baru-Indonesia-Jepang-hingga Amerika Selatan.

Tsunami
Gempa hebat yang melanda dunia pada 26 Desember 2004 lalu diikuti tsunami. Peristiwa besar yang menewaskan 220 ribu jiwa yang menghuni sepanjang pesisir Samudera Hindia ini menimbulkan trauma dunia yang sangat dalam. Mengapa gempa berkekuatan 9,3 skala richter ini diikuti tsunami sedangkan gempa 12 September 2007 di Bengkulu kemarin tidak? Padahal pusat gempa sama-sama di laut dan kedalamannya dangkal. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan ketajaman tumbukan.
Pada gempa Bengkulu sudut penunjamannya landai. Jadi untuk menimbulkan tsunami butuh energi yang lebih besar. Titik pusatnya hanya 10 km di bawah permukaan laut,
sehingga belum mencapai lantai samudera.
Tsunami sendiri merupakan istilah dalam bahasa Jepang. Menyatakan suatu gelombang laut yang terjadi akibat gempa bumi tektonik di dasar laut. Magnitudo Tsunami yang terjadi di Indonesia berkisar antara 1,5-4,5 skala Imamura, dengan tinggi gelombang Tsunami maksimum yang mencapai pantai berkisar antara 4 – 24 meter dan jangkauan gelombang ke daratan berkisar antara 50 sampai 200 meter dari garis pantai.
Berdasarkan Katalog gempa (1629 – 2002) di Indonesia pernah terjadi Tsunami sebanyak 109 kali , yakni 1 kali akibat longsoran (landslide), 9 kali akibat gunung berapi dan 98 kali akibat gempa bumi tektonik.
Tsunami biasanya terjadi dalam rentang 3-60 menit setelah gempa. Ditandai dengan surutnya air laut dan terbangnya puluhan bahkan mungkin ratusan burung-burung laut ke arah daratan. Selain itu juga akan tercium bau garam.
Tak semua gempa tektonik di dasar laut menyebabkan tsunami. Banyak faktor yang jadi penyebab. Seperti kekuatan dan kedalaman pusat gempa. Karena itu bila dalam rentang waktu satu jam setelah gempa, kamu tak melihat tanda-tanda seperti di atas, yakinlah insya Allah tak ada tsunami.(.a11.ugm/bmg/bppt/kompas/wikipedia/balipost).

About these ads
  1. #1 by ............. on 3 Februari 2009 - 11:14

    kiamat udah dkat…….insaflah,……

  2. #2 by ip`z on 3 Maret 2009 - 07:55

    eh maaf, boleh lebih rinci gax penyebab tentang gempanya?…
    soalnya aku mau memenuhi tugas ipa aku nich….

    zhurachmant.wordpress.com

  3. #3 by adi on 7 Maret 2009 - 06:36

    bos tolong kasih gambar2 tentang terjadinya gempa biar ga pucing oce,,,,,,,

  4. #4 by ronnie on 11 Maret 2009 - 07:44

    selamat gempa bumi

  5. #5 by terry on 15 Maret 2009 - 04:38

    makasih banyk .

  6. #6 by jannah on 2 April 2009 - 12:08

    saya harap wabesiye ini lebih di

  7. #7 by chita on 28 April 2009 - 06:33

    maaf bisa gak dijelasi lebih rinci lagi kalo bisa gambar bawah permukaaan di munculin dan analisa tentang bawah permuaannya ja. makash………….

  8. #8 by Angel on 28 Juli 2009 - 10:05

    thank you yah udh ngasih tahu informasi banyak tentang tsunami dan gempa bumi

  9. #9 by sri suhartini on 30 Juli 2009 - 22:26

    Ihhhhhhhh Serem ya! Banyak gempa di Indonesia. Mudah-mudahan Jakarta gak kena He…He…He…

  10. #10 by sri suhartini on 30 Juli 2009 - 22:27

    ih oneng

  11. #11 by charinta on 2 Agustus 2009 - 05:24

    boleh lebiH ringkas,jeLas..biar bAcA nA gA pucing

  12. #12 by agnes on 17 Agustus 2009 - 11:56

    aQ masih mau iduP
    aQ masih mUda
    masih PenGen nGerasain jD mahasiswa anD nikaH,punYa anaK
    dLL
    mari kita berdoa agar yang diramalkan peramal tidak akan jadi kiamat

  13. #13 by Trianna on 30 Agustus 2009 - 05:25

    sAyA hArAp GeMpA bUmI tIdAk aKaN pErNaH tErJaDi La9i uNtUk kE yAnG sEkIaN KaLi’Ny…
    AmIiIiIiIiIiN………

  14. #14 by risna on 4 September 2009 - 08:38

    apakah bandung termasuk kota yg aman akan gempa? dimanakah kota2/daerah2 di Indonesia yg rawan akan gempa?

  15. #15 by ukhri akmal on 6 September 2009 - 14:19

    untuk semua warga indonesia banyaklah memperdekatkan diri kepada allah swt karena kita tidak tau kapan datangnya kiamat maka dari itu mulai dari sekarang bertaubatlah dan meminta ampun sama allah.

  16. #16 by rani on 9 September 2009 - 12:32

    trut b.dka cita bwt indonesia…

    i.m so sad…

    nee adlah pringatan bwt qhta….
    tuk cpet” sdar akn hdup

  17. #18 by Honeey bee ^^ on 18 September 2009 - 10:05

    It’s a good explain =D

  18. #19 by tiwan on 2 Oktober 2009 - 01:48

    ngeri dan trauma serta rasa takut akan gempa itu, ya allah lindungilah indonesiaku dari berbagai gempa bumi sekecil apapun

  19. #20 by jaka sumarsa on 3 Oktober 2009 - 06:12

    gempa adalah peringatan Allah tentang khiamad
    seseungguhnya akan terjadi kapan dan bagaimana yang jelas akan datang pada siapa saja bersiplah untuk itu

  20. #21 by intan on 4 Oktober 2009 - 06:50

    tlong dunk ksh penjelasan yang lebih di mengerti

  21. #22 by dessy andhany on 11 Oktober 2009 - 05:12

    akh .. jadi takutt cll , langit dah gelap

  22. #23 by Ridho on 30 Oktober 2009 - 13:36

    Coba Lbih diLihatkan Lebih jLas Lagi
    gambar dasar bumi.

  23. #24 by iwan S on 6 November 2009 - 15:57

    Mohon lebih lengkap gambar-gambar tentang gempa bumi dan ciriny !!!!!!……..ok
    terima kasih

    Wasalam

  24. #25 by rhenna on 11 November 2009 - 03:03

    gempa nya di jelasinn lebihh rincii dongg
    soal,nya adda tugass ttg terjadi nya gempa .
    makasihh

  25. #26 by cherin on 15 November 2009 - 13:20

    tolong dong penjelasan tentang gempanya lebih
    rinci!!! soalnya Aku mau ngerjai tugas geografi
    nich…
    PlizzzZZ
    Thank’s B4

  26. #27 by Achamd rendy oktaviandi on 29 November 2009 - 01:33

    terima kasih atas data di atas

  27. #28 by vyan changcut on 21 Januari 2010 - 04:46

    MUDAH-MUDAHAN GEMPA BUMI TIDAK TERJADI LAGI DI BUMI KITA PERTIWI…….

  28. #29 by Priantis,PhD on 23 Januari 2010 - 03:33

    Penyebab utama gempa bumi karena ketidak stabilan tekanan gas di sekitar inti bumi.Ketidakstabilan tekanan di sebabkan pengeboran Gas Bumi di seluruh dunia.Jelaslah Manusia suka Perusak sehingga Gempa Dahsiat terjadi.Hentikan pemangfaatan Gas dalam Perut Bumi dan Cari Gas atau energi alternatif yang lebih ramah lingkungan.Jangan hanya mementingkan kekayaan saja tapi pikirkan akibat ulah tangan manusia yang Rakus bin Sarakah.

    Kalau pengeboran Gas Bumi tidak bisa dihentikan maka Dunia akan Hancur.Dan Kiamat cepat akan terjadi.

  29. #30 by I'm on 1 Februari 2010 - 05:36

    penjelasannya hnya dsekitar Indo aja. Maunya lebih luas lagi. (dunia)

  30. #31 by clara on 26 April 2010 - 14:54

    bnyk b’doa aja ya,,

  31. #32 by akbar on 14 Juli 2010 - 22:36

    gempa yg berkekuatan paling besar yg slama terjadi dmana n kpn? apakah gempa aceh?

  32. #33 by andi on 17 November 2010 - 07:36

    . duchh tkut kiamat dosa masii bnyak …..!!!!!!!!!!!!!!!

  33. #34 by elvira on 17 November 2010 - 07:38

    . tkutt kiamat kciil sringg trjdii ….
    . bntarr lgii kiamat besarr …..

  34. #35 by jaka \ on 29 November 2010 - 02:10

    kagak jelas…

  35. #36 by janitra on 25 Februari 2011 - 04:52

    tolong lebih di perinci dunk ,, alya kita mau memenuhi tugas Ipa nich

  36. #37 by dinda on 21 Mei 2011 - 10:51

    susah banget sihh nich tugas hhhuhuuuhuhuhuhuhu beh sa mau gila mi ini

  37. #38 by amar on 17 Juni 2011 - 10:39

    CIRITTTTT

  38. #39 by Iklima Rahmadian Adiwibowo on 2 Agustus 2011 - 21:30

    udahlaah. . . . .
    aku jd takut,,
    mo ngerjain tugas geografi,, eh malah baca comment

  39. #40 by amansyah on 11 Januari 2012 - 13:01

    sungguh besarnya kekuasan allah,,,takjub sekali aku melihatnya

  40. #41 by Sindy melani on 12 September 2012 - 06:43

    aduh susah banget guru kasih tugas!, aku paling takut sama gempa ma Tsunami lagi.(pikiran jadi galau)

    :p

  41. #42 by dhidhit on 15 Januari 2013 - 11:17

    amiennnnnnnnnnnnnn,,msh hdup////////////////

  1. adheta wira blog

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: